Bagaimana Sejarah Perkembangan Islam di Pakistan?

Agama Islam adalah agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dengan agama inilah Allah menutup agama-agama sebelumnya. Allah telah menyempurnakan agama ini bagi hamba-hambaNya. Agama islam telah berkembang di berbagai belahan dunia. Lalu, bagaimana sejarah perkembangan islam di pakistan?

Mula-mula Pakistan merupakan wilayah India. Tuntutan Pakistan untuk berdiri sendiri sebagai suatu negara Islam merdeka yang terlepas dari India sejak tahun 1900. Untuk menyatikan langkah dalam upaya melepaskan diri dari India, didirikanlah organisasi Liga Islam pada tahun 1906. sejak tahun 1916 organisasi ini di pimpin oleh Muhammad Ali Jinnah dan ia di angkat menjadi Gubernur Jenderal pertama dominion Pakistan. Pada tahun 1947 baarulah negara Pakistan ini menjadi negara yang merdeka dengan bentuk republik. Pada tahun 1971 di Pakistan terjadi perpecahan antara Pakistan Timurdan Pakistan Barat.Perpecahan , ini berakhir dengan pemisahan pakistan Timur dari negara Pakistan yaitu Bangladesh yang menjadi negara merdeka. Pada tanggal 17 april 1971 Republik Bangladesh diproklamirkan sebagai negara merdeka dengan Mujibur Rachman sebagai persidennya. Pada tahun 1974 Pakistan mengakui kemerdekaan Bangladesh dengan melalui penandatanganan perjanjian antara Pakistan dan Bangladesh.

Agama Islam masuk di Pakistan sudah sejak lama, jauh sebeum Pakistan berdiri sendiri sebagai suatu negara yang merdeka, yaitu pada masa pemerintah Kholifah Walid Bin Abdul Malik (705-715) dari Daulat Bani Umayyah. Pada waktu itu daerah Sind diperintah oleh keluarga Brahma suatu kasta dari agama Hindu. Rakyat yang di perintah oleh keluarga Brahma ini merasa mendapatkan tekanan berat dari segi sosial dan ekonomi. Oleh karena itu mereka mengajukan permohonan bantuan kepada pemerintah Islam di Damakus. Oleh Kholifah Walid Bin Abdul Malik, dikirimlah pasukan islam di bawah panglima Muhammad bin Qasim dan dapat menjalankan pemerintah di Sind dengan baik. Dengan pemerintahan di bawah kepemingpinan Muhammad Bin Qasim, pada umumnya rakyat mendapatkan hak-hak mereka baik dari segi agama, sosial dan ekonomi. Muhammad Bin Qasim memperlakukan orang-orang Hindu dengan baik , antara lain dengan mengangkat menteri-menteri dan pengawas-pengawas polisi dari kalangan mereka, tidak lama kemudian Muhammad Bin Qasim di pangil oleh Kholifah Walid untuk di gantikan orang lain. Sejak keberangkatan Muhammad Bin Qasim ke Damaskus, banyak bangsawan Hindu yang membrontak terhadap kekuasaan Kholifah. ketika dinasti Abbasiyyah, Kholifah yang pertama mengurimkan pasukan ke Sind untuk menggantikan Gubernur dari dinaasti Bani Umayyah. Kemudian Kholifah yang kedua yaitu Al Mansur mengirimkan sebuah ekspedisi lagi dan mendirikan kota Mansurah sebagai markas militer. Pada masa Kholifah Al Makmum dari dinasti Abbasiyyah (813-833) banyak keluarga Arab yang berpindah ke Sind menjadi propinsi yang di perintah oleh pangeran-pangeran kecil. Selanjutnya daerah Sind di perintah oleh pemerintah Islam dari berbagai dinasti silih berganti sehingga banyak orang asli daerah Sind yang masuk Islam.

PERKEMBANGAN ISLAM DI PAKISTAN

Pada umumnya muslim Pakistan giat melakukan dakwah Islam, baik mereka yang berada di dalam negri maupu yang ada di luar negri. Di Pakistan ada beberapa organisasi keagamaan, misalnya golongan Maududi. Organisasi ini bermula dari salah seorang tokoh bernama Abul A’la Al Maududi yang lahir pada tahun 1904 M.

Waktu mudanya ia pernah menjadi redaktur majalah kepunyaan kongres muslimin dan diakui sebaga penulis yang baik. Banyak kaum intlektual Islam, terutama mereka yang belum mendalami Barat saangat terpengaruh oleh tulisan-tulisan Al Maududi, sehingga ia dapat mendirikan partai pada tahun 1941. Orang-orang yang di terima hanyalah orang-orang pilihan yang di anggap memenuhi syarat-syarat minimal dari ajaran dan peraktek-peraktek Islam. Yang akan menjadi anggota harus melalui masa percobaan. Tidak hanya yang masuk, tetapi sejumlah besar menjadi simpatisan.

Organisasi keagamaan yang lain ialah Liga Muslimin yang sudah ada terlebih dahulu yang berdiri pada tahun 1906. Organisasi ini berperan penting dalam usaha kemerdekaan Pakistan dari india pada tahun 1947. Pada waktu itu yang menjadi pimpinan Liga Muslim ialah Muhammad Ali Jinnah. Sekarang Liga Muslimin bukan hanya sebagai organisasi keagamaan tetapi juga sebagai salah satu organisasi politik di Pakistan yang terkemuka.

Di London (Inggris) terdapat organisasi Pusat Studi Pakistan yang di dirikan pada tahun 1981. Organisasi ini pada mulanya bertujuan untuk memperkenalkan Pakistan ke dunia luar. Selain itu organisasi ini juga di maksudkan untuk menjadi lembaga bantuan sosial. Kegiatan organisasi ini seara teratur menerbitkan jurnal yang berkaitan dengan kegiatan organisasi dan berita-berita aktual tentang Pakistan, pusat Studi Pakistan di Inggris ini pernah menyelanggarakan seminar yang membahas secara menyeluruh tentang negara Pakistan dalam berbagai aspek. Topik-topik yang di seminarkan antara lain mengenai pendidikan, kebudayaan, perdagangan, kemasyarakatan dan media massa.

Referensi :