Bagaimana Sejarah Peralatan Kesehatan Gigi?

Di dunia internasional, bulan April dikenal sebagai Bulan Penemuan / Inovasi, yang bertujuan untuk memotivasi siapapun untuk lebih kreatif dan inovatif, sehingga bisa menciptakan karya-karya baru. Apakah bisa dibayangkan kalau alat-alat yang membantu kehidupan kita di dewasa ini tidak pernah ditemukan? bagaimana sejarahnya?

Percaya atau tidak, Bapak Ahli Gigi Modern justru memanfaatkan bahan-bahan dari peralatan di bidang pekerjaan lain – seperti tukang jam, ahli perhiasan, bahkan tukang cukur – untuk melakukan bedah gigi di zamannya, abad ke-17 dan 18.

Beliau adalah seorang ahli fisika Prancis bernama Pierre Fauchard, yang terkenal sebagai seorang ahli bedah handal bahkan saat masa pembelajarannya di Angers University Hospital, walaupun ketika itu peralatan untuk melakukan operasi masih sangat terbatas.

Fauchard adalah pengarang buku Le chirurgien dentiste, atau“The Surgeon Dentist”, yang menjelaskan dengan detail mengenai anatomi dasar gigi, gejala patologi gigi, metode untuk melakukan operasi gigi yang membusuk dan penggantiannya, bahkan metode ideal dokter gigi dalam menyapa pasiennya, dan bagaimana dengan duduk di belakang pasien saat pemeriksaan gigi akan memberikan rasa nyaman untuk pasien. Fauchard juga memperkenalkan konsep kursi dokter gigi dengan lampu si atasnya di dalam buku ini.

Satu lagi orang yang terkenal akan jasanya di bidang perawatan gigi adalah Elizabeth Morey. Beliau dikenal akan penemuannya, dental cap (gigi palsu yang dipasang untuk menutupi gigi yang rusak, sehingga terlihat rata). Morey juga mempelopori metode penanganan gigi yang menghindari sebanyak mungkin perusakan gigi dalam prosesnya, bahkan sebelum mengetahui lebih lanjut resiko dari pencabutan gigi. Banyak dokter gigi di era modern masa kini yang meneladani metode ini, dan bekerja dengan mempertahankan struktur alami gigi sebisa mungkin.

Tidak semua terobosan dalam kehidupan berasal dari ide-ide hebat, terkadang pemikiran sederhana juga bisa menjadi awal dalam mempermudah kegiatan sehari-hari.

Sumber: wikipedia.com, appledental.pro