Bagaimana sejarah obat antiseptik?

antiseptik

Untuk mengobati penyakit akibat organisme mikro biasanya digunakan obat antiseptik dengan standar higienis tertentu. Nah, bagaimana awal mula adanya obat antiseptik ini?

Obat antiseptik pertama kali diperkenalkan oleh Joseph Lister, seorang ahli bedah berkebangsaan Inggris yang merupakan professor bedah di University of Glasgow sekitar tahun 1860-an. Ia terinspirasi oleh Louis Pasteur, ahli kimia kebangsaan Perancis yang menemukan gangrene atau luka busuk karena bakteri dapat disembuhkan dengan panas, penyaringan atau bahan-bahan kimia.

Lister melakukan percobaan dengan berbagai jenis bahan kimia. Pada akhirnya, ia menemukan asam karbol atau fenol dapat menyembuhkan luka lebih cepat dalam proses pembedahan. Fenol membunuh bakteri serta kuman dengan menghancurkan dinding selnya, sehingga isi selnya keluar. Pada perkembangan selanjutnya, antiseptik semakin diperkenalkan kepada dunia oleh Heinrich Koch, seorang ahli bakteri berkebangsaan Jerman setelah ia membuktikan bahwa tuberculosis disebabkan oleh bakteri pada tahun 1882.

Sumber:
sains.me