Bagaimana sejarah musik Rock di Indonesia?

Led-Zeppelin-300x204

Musik adalah bahasa universal di dunia. Yang dapat menyatukan orang-orang dengan lintas usia, budaya, bangsa, dan agama. Tak heran jika fungsi musik untuk kita sangat banyak pastinya. Tak hanya pada kehidupan sehari-hari, namun juga fungsi seni musik sebagai bagian pendukung dari seni lainnya. Termasuk musik rock, musik rock di Indonesia sendiri telah populer dikalangan masyarakat sejak dulu. Lalu bagaimana sejarah musik Rock di Indonesia?

Asal mula musik rock di Indonesia berawal dari tahun 1967. Di pelopori oleh “The Rollies” yang mengusung genre musik jazz rock mengawali era kejayaan musik rock di indonesia. Diikuti oleh God Bless, Giant Step, Gang Pegangsaan, Rawa Rontek, di era tahun 1980-an semakin mengokohkan taringnya sebagai musik yang populer kala itu.

Asal mula musik dangdut dan rock berhasil menciptakan musik baru yaitu Dangdut Rock. Persaingan bahkan terjadi antara God Bless dari genre musik rock dan Soneta Group dari genre musik dangdut. Untuk genre musik rock dengan tempo yang lebih keras, dengan gaya yang lebih ekstrim dikelompokkan sebagai group musik underground. Semenjak itu, mulai ada perusahaan rekaman yang khusus membuat album dengan genre rock, yaitu LOGIC RECORD. “Semut Hitam” dari God Bless merupakan salah satu album besutan LOGIC RECORD dan terjual hingga 400.000 keping, kala itu.

Di tahun 1980-an ini jugalah, terjadi demam masal musik rock dikalangan remaja Indonesia. Group band yang namanya masih familiar ditelinga kita seperti Metallica, Sepultura, Megadeth, dan masih banyak rock band lainnya yang turut meramaikan kancah musik indonesia. Pada tahun 1990-an, PAS band menutup kejayaan musik rock dengan album yang bernama “Four Through The SAP”. Pas band yang aktif di komunitas band indie ini juga melakukan rekaman independen untuk albumnya, yang laris terjual sebanyak 5000 keping dalam waktu yang singkat.