Bagaimana sejarah musik R&B pada tahun 1990an?

PAG16sept03

Sejarah musik R&B patut untuk ditelusuri mengingat bagaimana pengaruh musik R&B yang menyebar ke seluruh dunia dengan banyak munculnya musisi-musisi yang beraliran R&B, lalu bagaimana sejarah musik R&B pada tahun 1990an?

Sejarah musik r&b berlanjut di tahun 1990-an dengan munculnya grup musik bernama Boyz II Men yang mempopulerkan jenis musik classic-sou vocal harmony. Kemudian ada Babbyface yang merupakan produser dari Janet Jackson, karir Babyface sebagai penyanyi solo berkembang dengan membawakan lagu-lagu dengan jenis musik R&B yang halus. Sejarah musik r&b di tahun 1990-an juga berkembang jenis musik r&b yang digabungkan dengan musik hip hop, yang kemudian dinamakan hip hop soul. penyanyi-penyanyi yang membawakan jenis musik ini seperti Mary J. Blige, Aaliyah, R Kelly, dan Brandy.

Dalam sejarah musik r&b di tahun 1990-an, penyanyi sukses seperti Mariah Carey dan Boyz II Men membawa contemporary r&b ke dalam arus utama selera musik, Mariah Carey dan Boyz II Men mempunyai salah satu lagu duet yang berjudul “One Sweet Day”, dan lagu ini berhasil menduduki peringkat satu dalam tangga lagu Billboard Hot 100. Kemudian ada Missy Elliot yang lebih menggabungkan r&b dan hip hop secara bersamaan.