Bagaimana sejarah musik R&B pada tahun 1980an?

PAG16sept03

Sejarah musik R&B patut untuk ditelusuri mengingat bagaimana pengaruh musik R&B yang menyebar ke seluruh dunia dengan banyak munculnya musisi-musisi yang beraliran R&B, lalu bagaimana sejarah musik R&B pada tahun 1980an?

Dalam sejarah musik r&b muncul pula Contemporary R&B yang merupakan jenis musik dari gabungan jenis musik seperti rhytm and blues, pop, soul, funk dan hip hop. Musik ini muncul setelah menghilangnya musik disko di tahun 1980-an.
Sejarah musik r&b berlanjut disaat adanya transisi dari musik soul ke musik r&b di tahun 1980-an. Muncul beberapa musisi yang mengambil alih tangga alau seperti Michael Jackson dan juga Prince. Album Michael Jackson yang berjudul “Thriller” menjadi salah satu album yang paling banyak terjual di seluruh dunia. Di sini juga muncul beberapa penyanyi r&b wanita seperti Whitney Houston dan juga Janet Jackson yang meraih kepopuleran di akhir dekade 1980-an. Selain itu, muncul juga New Edition, yang akhirnya menjadi prototype dari boyband seperti Backstreet Boys dan New Kids Ont The Block.