Bagaimana sejarah musik Metal?

5-mitos-tentang-musik-metal-yang-harus--79812b

Musik metal adalah sebuah aliran musik rock yang berkembang pada 1970-an, dengan akar dari blues rock dan psychedelic rock. Aliran musik ini ditandai dengan distorsi Gitar yang sangat kuat, solo gitar panjang, ketukan cepat, baik disemua instrumentasi alat musiknya.

Nama Heavy metal digagas oleh band Hard rock tahun 1960’an, Steppenwolf, dalam lagu mereka yang berjudul Born To Be Wild (terdapat di baris kedua bait kedua). “I like smoke and lightning Heavy metal thunder Racin’ with the wind And the feelin’ that I’m under”. Istilah tersebut belum dipakai secara tepat hingga pada tahun 1970, ketika Black Sabbath merilis debut album mereka yang berjudul “Black Sabbath”. Dari tahun 1960-an atau bisa disebut masa Blues rock dengan contoh band seperti Led Zeppelin, AC/DC. Classic metal disekitar 60’an sampai 70’an atau disebut dengan masa Classic rock dengan contoh band seperti Black Sabbath, Blue Oyster Cult, Deep Purple, Alice Cooper. Permainan musik Classic metal dikendalikan oleh riff yang lebih bersifat Blues.

Berikut merupakan evolusi musik metal berdasarkan kronologis tahun, yaitu:

  1. 70’an
    Heavy Metal pada awal 70’an dipelopori oleh band-band seperti Led Zepplin, Black Sabbath, dan Deep Purple. Heavy Metal pada era tersebut masih dipengaruhi oleh elemen Blues yang kental. Judas Priest kemudian mengembangkan genre ini dengan menghilangkan unsur blues dan lebih mengandalkan distorsi, beat yang lebih cepat, dan harmoni. Pada akhir 70’an muncul New Wave oF British Heavy Metal yang lebih sering disingkat (NWOBHM), dengan pelopornya adalah Motorhead. NWOBHM menggabungkan aliran Punk dan Heavy Metal. Contoh band-band NWOBHM lainya adalah Iron Maiden, Saxon, Venom, Diamond Head, dan lain lain.

  2. Awal 80’an
    Awal era 80’an dipelopori oleh band-band NWOBHM seperti Motörhead, Iron Maiden, Venom dan Diamond Head. Heavy Metal akhirnya bercampur dengen musik Pop dan memunculkan genre yang disebut Glam metal. Glam metal berhasil menerobos daftar musik papan atas, yang menyebabkan Heavy metal lebih cepat tersebar di seluruh dunia.

Heavy metal atau sering juga disebut metal sebenarnya sudah bermula pada akhir tahun 1960an karena akar musiknya berasal dari blues dan psychedelic . Tendensi ke arah metal sudah ada pada musik-musik Jimi Hendrix, Led Zeppelin, Cream, bahkan The Beatles lewat lagunya yang berjudul Revolution. Banyak perdebatan tentang mana grup yang merupakan grup metal sebenarnya, namun perdebatan tersebut tidak mendapatkan hasil yang memuaskan karena musisi tersebut masih berada pada masa transisi. Black Sabbath, Deep Purple, Black Widow, dan Uriah Heep yang akhirnya menemukan bentuk musik ini. Banyak yang setuju bahwa Black Sabbath merupakan grup metal yang mula-mula. Adapun karakter musik ini adalah:

  • inspirasi musiknya berasal dari penderitaan hidup sehari-hari dikombinasikan ketertarikan pada mistik, dunia hitam, sex, kematian, perang, nuklir, politik, dan kekerasan. Simbol-simbol yang digunakan mengarah ke dunia hitam seperti acungan jari jempol dan kelingking (yang sering digunakan sekarang sebagai simbol sedang menelpon) merupakan simbol Lucifer, raja para setan.

  • Menggunakan pukulan bass drum dengan dinamika tinggi bahkan menggunakan dobel pedal.

  • Menggunakan distorsi gitar yang tebal

  • Makin banyak aksi panggung yang ekstrim seperti melemparkan darah dan potongan daging ke arah penonton.

  • Menggunakan gambar sampul album yang menyeramkan sehingga menegaskan adanya pemujaan setan.

image

Meski pada akhir tahun 1970an musik metal menjadi kurang populer akibat munculnya aliran musik lain seperti punk, disko, dan hard rock merajai industri musik rock pada waktu itu, namun metal tetap memiliki fans. Tahun 1980an dengan munculnya MTV, di Inggris musik metal kembali kepermukaan lewat grup Iron Maiden, Judas Priest, Motörhead, Venom, Diamond Head, dan Saxon. Selanjutnya grup serupa di seluruh dunia juga bermunculan seperti Ozzy Osbourne, Quiet Riot, Scorpions, Ratt, dan Deef Leppard.

Semakin populernya musik ini dikalangan remaja mendapat perlawanan bukan dari jenis musik lainnya, namun dari para orang tua. Penentangan terhadap musik ini dikarenakan beberapa grup musik melakukan pemujaan setan dan mempersembahkan master rekamannya kepada setan sebelum dirilis. Ini membuat music heavy metal dicap sebagai musik setan. Bahkan anak dari wakil presiden Al Gore kerasukan dan menjerit-jerit histeris sewaktu mendengarkan album Prince yang berjudul Purple Rain.