Bagaimana Sejarah Lukisan Potret?

Lama sebelum alat pemotret ditemukan, orang sudah lebih dulu melukis, termasuk melukis manusia. Hal inilah yang dinamakan lukisan potret. Bagaimana sejarah awal mula perkembangan lukisan potret ini?

Di Mesir, lukisan diri sudah dibuat sejak jaman purbakala. Kebanyakan yang dilukis adalah para penguasa ketika itu dan para dewa dan dibuat di atas batu, logam, atau kristal. Sementara di Cina, lukisan potret sudah ada sejak sebelum tahun 1000 Sebelum Masehi. Dari beberapa sumber kesusastraan, ditemukan bahwa kebanyakan mereka nggak melukis wajah, tapi membuat patung wajah. Socrates adalah salah satu tokoh yang sempat dibuatkan patung, dan Alexander Agung ketika itu mulai memasukkan patung kepala manusia sebagai gambar dalam mata uang logam.

Pada era aliran seni Renaisans, lukisan potret yang paling terkenal adalah “Mona Lisa” karya Leonardo da Vinci. Sementara di Venezia, sekitar tahun 1500, Gentile Bellini dan Giovanni Bellini mendominasi lukisan potret dan mereka sering menerima pesanan dari pemerintah. Lukisan potret Doge Loredan yang dibuat oleh Bellini dianggap sebagai salah satu lukisan potret terbaik pada jaman Renaisans. Pada Abad 16, “posisi” ini diambil oleh Titian dan mungkin dirinya adalah salah seorang pelukis potret anak-anak yang pertama