Bagaimana sejarah lukisan abstrak di Indonesia?


(Klasika Honesty) #1


sumber gambar: majalahasri.com

Seni lukis abstrak di Indonesia pastinya tidak muncul atau datang dengan sendirinya. Sebelum dikenal di Indonesia, bagaimana sejarah lukisan tersebut?


(Yunita Titisari) #2

Sejarah lukisan abstrak di Indonesia diawali di kota Bandung, bagaimana penjelasan lengkapnya akan dijelaskan di bawah ini

Negara-negara berkembang, selepas dari penjajahan Barat umumnya mengadopsi pola dan paradigma masyarakat modern Barat, termasuk keseniannya, yaitu seni rupa modern. Melalui penjajahan sesungguhnya prinsip-prinsip seni rupa Barat telah ditularkan kepada masyarakat jajahannya.

Keberadaan seni abstrak dalam sejarah seni rupa Indonesia tidak bisa lepas dari perkembangan seni rupa di Bandung melalui keberadaan pendidikan guru gambar, yaitu Balai Pendidikan Universiter Guru Gambar yang didirikan pada 1947 dan ditempatkan sebagai bagian dari Fakultas Teknik, Universitas Indonesia di Bandung (sekarang menjadi Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB). Keberadaan pendidikan tersebut adalah hasil proposal yang diajukan oleh Simon Admiral kepada pemerintah Belanda. Simon Admiral mengajak serta beberapa dosen Belanda untuk menjalankan lembaga pendidikan tersebut, yang kemudian paling menonjol peranannya adalah Ries Mulder, yang juga seorang pelukis. Dia mengajar menggambar ekspresif, melukis dan tinjauan seni. Kendati bertujuan menghasilkan guru gambar, pada perjalanannya sebagian besar mahasiswa justru menunjukkan minat utama mereka pada mata pelajaran melukis. Dalam kaitan dengan pengajaran seni lukis inilah mengapa Bandung ditetapkan sebagai muasal seni lukis abstrak.

sumber:
http://www.salihara.org/kalam/back-issues/detail/seni-lukis-abstrak-indonesia