Bagaimana sejarah kota Pompei ?

Pompeii

Pompeii adalah sebuah kota zaman Romawi kuno yang telah menjadi puing dekat kota Napoli dan sekarang berada di wilayah Campania, Italia. Pompeii hancur oleh letusan gunung Vesuvius pada 79 M. Bagaimana sejarah kota Pompei ?

Awal berdirinya Pompei

Kota Pompeii didirikan sekitar abad ke-6 SM oleh orang-orang Osci atau Oscan, yaitu suatu kelompok masyarakat di Italia tengah. Saat itu, kota ini sudah digunakan sebagai pelabuhan yang aman oleh para pelaut Yunani dan Fenisia. Ketika orang-orang Etruskan mengancam melakukan serangan, kota Pompeii bersekutu dengan orang-orang Yunani yang kemudian menguasai Teluk Napoli. Pada abad ke-5 SM orang-orang Samnium mendudukinya (beserta semua kota di Campania). Para penguasa baru ini memaksakan arsitektur mereka dan memperluas wilayah kota. Diyakini juga bahwa selama pendudukan orang-orang Samnium,

Letusan Vesuvius

image

Masyarakat Pompeii sebenarnya telah terbiasa dengan gempa-gempa kecil yang diakibatkan oleh kegiatan gunung berapi Vesuvius. Namun pada 5 Februari 62 terjadi gempa bumi yang hebat yang menimbulkan kerusakan yang cukup besar di sekitar teluk itu dan khususnya terhadap Pompeii. Kerusakan yang dialami oleh Pompeii akibat gempa tersebut cukup parah hingga pada tahun 79 dimana letusan terjadi banyak kerusakan akibat gempa belum sempat diperbaiki.

Pada awal Agustus tahun 79, mata air dan sumur-sumur tiba-tiba mengering dan getaran-getaran semakin sering terjadi. Namun orang-orang tidak merasa takut karena menganggap hal ini akan segera berlalu. Sayangnya pada sore hari tanggal 24 Agustus, sebuah letusan gunung berapi yang mematikan terjadi. Ledakan itu merusakkan wilayah tersebut, mengubur Pompeii dan daerah-daerah permukiman lainnya

Laporan saksi mata satu-satunya yang bertahan dan dapat diandalkan tentang peristiwa ini dicatat oleh Plinius Muda dalam dua pucuk surat kepada sejarahwan Tacitus. Dari rumah pamannya di Misenum, sekitar 35 km dari gunung berapi itu, Plinius melihat sebuah gejala luar biasa yang terjadi di atas Gn. Vesuvius: sebuah awan gelap yang besar berbentuk seperti pohon pinus muncul dari mulut gunung itu. Setelah beberapa lama, awan itu dengan segera menuruni lereng-lereng gunung dan menutupi segala sesuatu di sekitarnya, termasuk laut yang di dekatnya.

Letusan besar tersebut membuat Pompeii terlupakan oleh masyarakat Romawi lainya karena Awan panas, batuan dan abu membara menghujam ke dua kota, Pompeii dan Herculaneum. Lapisan debu tebal menutupi dua buah kota yang lokasinya dekat dengan kaki gunung Vesuvius, sehingga kedua kota ini tertimbun lapisan debu vulkanik.

sumber :


.https://id.wikipedia.org/wiki/Pompeii
https://en.wikipedia.org/wiki/Eruption_of_Mount_Vesuvius_in_79