Bagaimana sejarah kemeja flanel?

image

Salah satu jenis kemeja yang diminati hingga saat ini yaitu kemeja flanel. Namun bagaimana sejarah dari jenis kemeja ini?

Kemeja flanel sudah ada cukup lama. Menurut sejarah, flanel tercatat ditemukan pada awal abad ke-16 di Wales, dengan sebutan flannelette. Pada saat itu para petani memakai pakaian hangat yang agak tebal untuk melindungi diri mereka dari cuaca dingin dan rerantingan pohon. Kata flanel berasal dari bahasa Wales, yaitu gwlanen, yang artinya “bahan wol”.

Di abad ke-18, sejalan dengan adanya Revolusi Industri, terjadi perubahan besar-besaran di dalam praktisi industri. Flanel mulai di produksi secara massal dan menjadi produk pabrikasi.
Mengikuti perkembangan jaman, dan mempertimbangkan biaya bahan baku yang tinggi, bahan wol lambat laun mulai digantikan dengan serat kapas (cotton), campuran sutera, dan serat sintetis.

Pada awal abad ke-20, flanel tidak hanya diproduksi untuk cuaca dingin, tetapi mulai disesuaikan dengan musim-musim yang ada. Dengan memaksimalkan pencampuran kapas (cotton) dengan sutera, flanel kini menjadi lebih tipis dan ringan. Sehingga kemeja flanel dapat digunakan di cuaca yang hangat.

Referensi

Sejarah Kemeja Flanel | KemejaFlanel.com - Jual Kemeja Flanel / Kemeja Flannel, Kemeja Chambray, Kemeja Pria. Original. Kualitas Premium