Apa yang anda ketehui tentang sejarah kesenian Ludruk?

Apa yang anda ketehui tentang sejarah kesenian Ludruk?

Secara historis perkembangan Ludruk bermula dari kesenian bandhan. Kesenian bandhan ini mempertunjukkan sejenis pameran kekuatan dan kekebalan yang bersifat magis dengan menitikberatkan pada kekuatan batin. Kemudian berkembang menjadi kesenian lerok yang dipelopori oleh Pak Santik dari Jombang. Kata lerok yang diambil dari kata lira, yaitu alat musik yang berbentuk seperti kecapi (cimplung siter) yang dipetik sambil bersenandung mengungkapkan isi hati. Pada saat itu, Pak Santik menghias dirinya dengan cara mencoret-coret mukanya, memakai ikat kepala, bertelanjang dada, mengenakan celana berwama hitam, dan mengenakan selendang sebagai sampur. Dalam pementasan kesenian lerok itu Pak Santik memanfaatkan suara-suara dari mulutnya sebagai iringan musik. Lambat laun pementasan lerok memanfaatkan gendhang yang digunakan sebagai cimplung (semacam ketipung) dan jidhor (tambur besar).

Kemudian, terjadi penambahan pemain, menjadi tiga orang dan timbullah nama baru, yaitu kesenian besutan. Nama ini diambil dari nama tokoh pemeran utama, yaitu Pak Besut. Pemain lainnya bernama Asmonah (isteri Besut) dan Paman Jamino. Besut juga berasal dari bahasa jawa yaitu mbesut yang berarti membersihkan yang kotor atau menghaluskan atau mengulas. Adapun yang dibersihkan, dihaluskan, dan diulas adalah isi pertunjukan. Mulai dari bentuk yang sangat sederhana, ditingkatkan agar lebih baik, sehingga maknanya yang tersirat dapat diulas oleh penonton. Besut juga merupakan akronim dari mbeto maksud (membawa maksud). Maksud yang dibawa adalah isi pertunjukan, yaitu yang terkandung dalam kidungan, busana, dialog, maupun cerita.

Bentuk kesenian besutan berubah lagi menjadi kesenian Ludruk yang berbentuk sandiwara dengan tokoh yang semakin bertambah jumlahnya. Bentuk ini tetap mempertahankan ciri khas Ludruk seperti tarian ngremo, kidungan, dagelan, dan cerita (lakon). Kesenian Ludruk mengalami dua era yaitu era tobongan dimana pemain Ludruk
berpindah-pindah dari satu desa ke desa lain untuk “ngamen” dengan waktu yang tidak pasti tergantung antusias penduduk setempat, jumlah pemain kurang lebih 40 orang. Selanjutnya era teropan (ditanggap) dimana para pemain ludruk dipanggil untuk menghibur pada waktu ada hajatan, jumlah pemain kurang lebih 70 orang (termasuk penari dan penabuh gamelan).

Kesenian Ludruk pertama kali diperkenalkan oleh seorang yang bernama Gangsar, seorang tokoh kesenian Jawa Timur yang beasal dari Jombang. Kesenian ini ada didalam masyarakat sejak tahun 1890. Pada saat itu kesenian Ludruk masih berbentuk teater bisu, tanpa dialog dan juga belum ada jalan ceritanya. Kesenian tersebut hanya berupa tarian-tarian yang dilakukan oleh beberapa pemain pria. Penari wanitapun diperangkan oleh seorang pria, sehingga hal ini yang menjadi ciri khas Ludruk sampai saat ini, yaitu semua pemainnya adalah pria, termasuk yang memerankan tokoh wanita.

Ada yang mengatakan bahwa tarian ludruk terinspirasi ketika Gangsar bertemu dengan seorang pengamen keliling yang mengenakan kostum perempuan sambil menggendong sebuah boneka. Dalam kostum tersebut seolah seorang pria sedang menggendong perempuan, banyak orang yang mengerumuni dan merasa terhibur dengan model dandanan seperti itu. Hal ini yang mengilhami Gangsar untuk menampilkan tokoh perempuan yang diperankan oleh seorang laki-laki dalam setiap pertunjukan kesenian Ludruk. Kisah ini menjadi cika bakal bahwa tidak perlu pemain wanita dalam kesenian ini tetapi cukup pemain pria yang berpakaian wanita untuk menampilkan tontonan yang menghibur.

Pada tahun 1922 sampai dengan 1930, kesenian ludruk mengalami perkembangan cukup pesat, yaitu sudah memakai dialog atau bahasa percakapanserta dalam pertunjukannya menggunakan jalan cerita. Jadi perkembangan yang terjadi karena ludruk selain bisa ditontonkan tarian-tariannya tetapi juga bisa diikuti jalan ceritanya.