Bagaimana sejarah dan misteri dibalik lukisan Mona Lisa ?


(Zul Afrianes Pratama) #1

monalisa

Lukisan Mona Lisa adalah salah satu lukisan yang sangat fenomenal karya Leonardo da Vinci yang di buat pada tahun 1503 – 1517, namun kebenarannya pun masih sering diperbincangkan. Lukisan ini menggambarkan sosok wanita berambut panjang dengan gaun Kerajaan berwarna hijau tua, lukisan berbentuk potrait dan mengambil setengah badan objek wanita tersebut.

Pasca Da Vinci meninggal, lukisan tersebut diwariskan pada murid dan asistennya, akhirnya lukisan ini dibeli oleh King Francis I of France dan sempat disimpan di Palace of Fontainebleau. Namun sayangnya lukisan ini sempat berpindah-pindah tangan bahkan hilang dan dicuri. Sekarang lukisan ini berdiri tegak di Museum The Louvre, Prancis.

Bagaimana sejarah dan misteri dibalik lukisan Mona Lisa ?


(Alfian Fannani) #2

Senyuman Mona lisa

Senyuman Mona lisa yang misterius itu menjadi teka teki sendiri bagi para pengamat seni. Kebanyakan mereka bertanya-tanya, apa yang dirasakan Lisa pada saat itu? Banyak dugaan yang kemudian muncul seperti pendapat yang mengatakan bahwasanya wanita-wanita di awal abad ke 16 memang dibiasakan untuk selalu tersenyum seperti itu (hanya menarik salah satu sisi dari mulutnya saja) agar terkesan elegan dan misterius

Tetapi, seorang dokter dari Italia yang berpendapat lain, bahwa Model pada lukisan minyak Monalisa ini menderita penyakit Bruxism. Selain itu, dan pendapat yang paling terkenal, adalah pendapat dari Sigmund Freud, seorang neurologis terkenal berkebangsaan austria, yang mengatakan bahwa senyum Monalisa ialah senyuman dari Caterina yaitu ibu dari Leonardo Da vinci, dimana senyumannya selalu dicontoh oleh Leonardo da vinci dalam setiap lukisan yang ia buat.