Bagaimana sejarah bangunan Chichen Itza di Meksiko ?


(Nay Aviila) #1

Chichen Itza

Di sekitar tahun 1988 UNESCO menetapkan sebuah bangunan di wilayah Yucatan, Mexico sebagai salah satu situs warisan dunia. Nama bangunan tersebut adalah Chichen Itza. Dalam bahasa setempat, Chi memiliki arti mulut dan Chen artinya sumur. Sementara Itza merupakan nama suku setempat, maka Chichen Itza dapat diartikan sebagai mulut sumur suku Itza.

Menurut berbagai penelitian dan cerita rakyat setempat, Chichen Itza adalah salah satu budaya peninggalan Suku Maya. Suku Maya menjadi sangat terkenal di dunia karena memiliki ramalan tentang waktu kedatangan kiamat. Selain itu, suku Maya menjadi bagian kecil dari kelompok unik yang ada di Amerika Tengah.

Ketika awal pendirian di periode pertama selesai, fase ini disebut seni kemekaran bunga. Fase utama yang tergolong klasik ini berlangsung antara tahun 625 M – 800 M. Ilmu pengetahuan sudah mulai berkembang bersama tekhnologi pertanian mereka. Di abad-abad tersebut, agama suku Maya sudah terlihat menjadi bagian dari kehidupan para Mayan. House of The Rusa, Wihara Biksuni, D_zib Akab_, Red House, Gereja, House of Phalli serta Kuil Tiga Lintels menjadi bukti pentingnya hubungan para Mayan dengan Sang Pencipta.

Sehabis periode pertama berakhir, dimulailah periode kedua tahun 800 – 925 M. Pondasi peradaban Suku Maya yang besar mulai terlihat rapuh. Agama sudah tidak lagi menjadi pusat peradaban bagi mereka. Penduduk lebih senang membangun kelompok-kelompok yang lebih kecil di pedesaan. Kota besar segolongan Chichen Itza yang sempat menjadi pusat utama peradaban agama, ekonomi dan pengetahuan hanya ramai ketika ritual tertentu saja.

Masyarakat Mayan meninggalkan Chichen Itza pada sekitar abad ke-7 Masehi. Mereka menetap di wilayah barat sampai akhirnya kembali lagi ke Chichen Itza di abad ke-10 Masehi. Waktu kembali inilah orang-orang Itza sebagai bagian dari Suku Maya bergabung dengan suku-suku besar lain di Mexico. Kehidupan bersama ini berlangsung damai selama dua abad.

Bagaimana sejarah bangunan Chichen Itza di Meksiko ?

> Sumber (klik disini)