Bagaimana Saya dapat belajar dengan lebih menyenangkan ?

belajar dengan lebih menyenangkan

Belajar merupakan aktivitas yang kita lakukan sehari-hari akan tetapi, terkadang saya merasa jenuh akan hal itu. Tolong berikan langkah apa saja yang harus ditempuh agar membuat belajar lebih menyenangkan!

Sebagai seorang mahasiswa kita dituntut untuk belajar secara mandiri. Dalam prosesnya, Terkadang belajar merupakan suatu hal yang dapat membuat kita bosan. Berbagai fakta yang harus kita ingat dan berbagai argumen yang harus kita serap dalam beberapa saat mungkin terasa jenuh. Sesaat ketika motivasi yang kita bangun untuk belajar mulai goyah mungkin kita membutuhkan cara lain untuk belajar menikmati prosesnya.

Oleh karena itu, agar belajar dapat lebih menyenangkan kita perlu melakukan beberapa hal berikut.

  1. Mendengarkan Musik

    Sebagian dari kita menganggap mendengarkan musik dapat mengganggu konsentrasi akan tetapi dalam beberapa penelitia menunjukkan bahwa musik yang terdapat lirik di dalamnyalah yang dapat memecah konsentrasi. Sedangkan, alunan musik seperti klasik,Mozart,dan jazz yang hanya berlatar belakang melodi dapat menyeimbangkan gelombang otak menjadi alpha. Sebagai pemula, sebaiknya mendengarkan concerto clarinet bila ingin mencobanya.

  2. Mengaplikasikan catatan pada musik

    Untuk hal yang lebih lanjut, Anda dapat menggunakan musik untuk benar-benar membantu belajar. Anda mungkin dapat dengan mudah menghafal lirik lagu karena melodi dan sajak dapat memperkuat ingatan tentang berbagai kata yang ada dipikaran Anda. Anda dapat mengimplentasikannya dalam proses belajar.

    Ketika Anda menghafal berbagai fakta, tanggal, ataupun gambar cobalah untuk mengaturnya ke dalam musik. Mungkin akan terasa aneh di awal akan tetapi, memilih lagu dan mengganti liriknya adalah cara bagus untuk mengingat fakta-fakta yang sulit diingat.

  3. Menggunakan media pembelajaran interaktif

    Dengan banyak situs online dan sumber daya web lainnya, Anda pasti dapat menemukan beberapa petangakat lunak interaktif yang menyenangkan sesuai dengan topik yang anda butuhkan. Perangkat lunak semacam itu memanfaatkan informasi multimedia untuk membantu Anda menyerap informasi dengan mudah. Pembelajaran tersebut mencakup video, audio, dan kuis untuk memecah kebosaan Anda belajar dari buku.

  4. Membuat Poster

    Meringkas materi pada poster memberikan Anda sesuatu yang berbeda untuk dilakukan dan memungkinkan Anda lebih kreatif,serta memberikan beberapa kesenangan dalam proses belajar Anda. Setelah Anda meringkas materi lalu memasangnya di dinding kamar, Secara perlahan-lahan di waktu luang Anda akan secara otomatis membaca dan menghafal tanpa disadari.

    Ini adalah cara yang jauh lebih menyenangkan untuk mempelajari konsep yang sulit, dan ini akan membantu Anda mendapatkan fakta-fakta yang ada di kepala Anda.

  5. Menginvestasikan pada beberapa benda yang Anda sukai untuk digunakan dalam pembelajaran.

    Cara mudah untuk belajar lebih menyenangkan adalah berinvestasi di beberapa peralatan tulis dan peralatan meja umum yang Anda sukai. Kertas dan pulpen berkualitas tinggi yang menyenangkan untuk ditulis, satu set pensil pewarna, highlighter, notepad dengan penutup yang menarik - semua ini akan membuat Anda ingin menggunakannya.

  6. Berilah apresiasi kepada dirisediri.

    Memberikan penghargaan terhadap usaha yang telah Anda capai adalah suatu yang penting untuk membuat proses belajar menjadi menyenangkan,sama halnya untuk memotivasi diri Anda. Mengonsumsi makanan sehat ketika Anda belajar seperti irisan buah segar,buah-buahan kering,dan kacang-kacangan.

    Ketika Anda membaca suatu topic yang susah untuk dipahami, belilah coklat sejenis chacha atau mnm lalu letakkan di suatu sela halaman dan Anda dapat memakannya ketika telah membaca di titik itu.Pada saat istirahat , Anda juga dapat bertemu seorang teman,menonton film di bioskop,atau hal lain yang member Anda jalan untuk bersantai begitu Anda telah menyelesaikan pembelajaran dengan susah payah.

  7. Mengganti Suasana

    Mengubah lingkungan Anda bisa menjadi cara yang bagus untuk mendapatkan kembali antusiasme Anda untuk belajar. ini adalah cara sederhana untuk belajar lebih menyenangkan. Belajar di perpustakaan daripada di rumah, memindahkan meja ke dekat jendela sehingga Anda dapat menikmati pemandangan itu setiap kali melihat dari buku, atau bahkan menuju ke kedai kopi lokal dan mengubur diri Anda dalam studi. dengan cangkir kopi mengepul untuk membuat Anda waspada.

    Pada hari musim panas Anda bisa mencoba belajar di taman atau taman, sehingga Anda bisa menikmati alam bebas tanpa mengabaikan pembelajaran .

Sumber Artikel “Studying Fun” dari https://www.oxford-royale.co.uk

Bagi sebagian besar pelajar, belajar adalah kegiatan yang kurang menyenangkan. Ada juga pelajar yang senang untuk belajar dan langsung mendalaminya, tetapi tidak sedikit pula yang lebih memlilih untuk mengihindari kegiatan belajar. Sebagai pelajar, baik suka atau tidak kita tetap harus menuntut ilmu. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana kita bisa membuat kegiatan belajar yang dianggap kurang menyenangkan menjadi menyenangkan?

1. Buat suasana yang nyaman

Hal paling pertama yang diperhatikan sebelum mulai belajar adalah suasana tempat anda belajar. Buat satu bagian di kamar atau rumah anda untuk digunakan sebagai area belajar. Gunakanlah posisi belajar yang menurut anda nyaman. Gunakan tempat duduk dan meja yang sesuai. Hias tempat belajar anda agar tidak membosankan. Berikan dekorasi seperti foto, lukisan, pernak-pernik, atau bahkan pasang furnitur baru.

2. Belajar langsung pada sumbernya
Belajar tidak hanya dapat dilakukan di sekolah atau rumah, belajar juga dapat di luar kedua tempat tersebut. Cobalah mengunjungi tempat-tempat yang ada di dalam buku. Jika anda mempelajari sejarah, anda bisa mengunjungi museum untuk melihat reka ulang kejadian sejarah dan bertanya kepada pemandu yang mengerti tentang sejarah suatu kejadian. Jika anda ingin mempelajari biologi kelautan, anda dapat mengunjungi berbagai tempat wisata seperti akuarium raksasa, pantai, dan sebagainya. Anda bisa langsung terjun ke lapangan dan melihat langsung hal yang anda pelajari.

3. Buat belajar menjadi sebuah permainan
Membaca puluhan, ratusan, bahkan ribuan halaman buku pelajaran dan catatan selama berjam-jam sangat membosankan dan kurang efektif. Asosiasikan materi yang anda pelajari dengan lagu, singkatan, gambar, dan lain-lain. Dengan mengasosiasikan materi tertentu dengan hal yang kita sukai, materi akan lebih mudah melekat ke ingatan kita.

4. Belajarlah dengan teman-teman
Belajar sendiri dapat menjadi membosankan dengan cepat. Dengan teman-teman, kegiatan belajar menjadi lebih berwarna. Anda dapat melakukan permainan sambil belajar. Contohnya, anda dapat melakukan kuis, debat, trivia, dan berbagai permainan lainnya. Isi permainan tersebut dengan materi yang sedang anda pelajari.

5. Jangan lupa untuk istirahat
Tentukan waktu untuk istirahat saat belajar untuk melepas penat. Lakukan kegiatan yang anda sukai seperti membaca buku, bermain game, mengobrol dengan teman, menonton film, dan sebagainya. Sesuaikan proporsi istirahat dan belajar anda. Jangan sampai belajar terlalu lama dengan istirahat sedikit atau sebaliknya.

6. Dengarkan musik
Musik dapat membantu fokus, konsentrasi, dan kreatifitas anda. Dengarkan musik yang anda sukai selagi belajar untuk memudahkan kita mengingat materi yang dipelajari.

7. Pergilah ke luar rumah
Tempat belajar baru dapat membuat kegiatan belajar lebih menyenangkan. Jika cuaca sedang bagus, cobalah belajar di taman, pantai, dan pegunungan. Tempat seperti kafe dan toko buku juga nyaman dijadikan tempat untuk belajar. Jika anda orang yang suka berolahraga, cobalah mendengarkan audio tentang materi pelajaran saat berolahraga.

8. Gunakan teknologi yang ada
Di zaman yang canggih ini, teknologi dapat membantu kita belajar. Anda dapat mencari informasi di internet. Banyak juga aplikasi yang dapat membantu anda untuk belajar. Carilah aplikasi yang mudah dan menyenangkan untuk digunakan.

Sumber: https://www.thoughtco.com/ways-to-make-studying-more-fun-4147145

Untungnya ada banyak cara untuk membuat belajar menyenangkan dan metode ini bahkan bisa membantu Anda mengingat informasi lebih lama. Dengan rutinitas belajar yang sama, cobalah merubah strategi dengan menerapkan satu (atau lebih) dari empat cara berikut untuk memiliki pengalaman belajar yang lebih baik:

  1. Beli perlengkapan belajar yang mengagumkan. Tentu,salah satu solusi adalah membuang uang untuk itu. Tidak terlalu banyak uang cukup mengganti notebook, pulpen, dan pensil. Coba cari notebook yang menampilkan karakter kartun favorit Anda dari saat Anda masih kecil, dan taruh dengan warna yang menyenangkan.

  2. Berhenti untuk istirahat. Seperti menari, itu tidak harus menari, meski itu pasti akan merefresh pikiran anda. Pastikan Anda beristirahat dan keluar dari kursi Anda. Anda bisa berjalan sedikit, berbaring, atau pergi keluar untuk mendapatkan udara segar untuk membersihkan pikiran Anda. Ini akan membantu Anda merasa segar dan fokus kembali saat Anda duduk kembali.

  3. Buat gambar untuk menggambarkan poin-poin penting. Apakah Anda mencoba mengingat penemuan pertama Thomas Edison, atau mungkin menghafal ibu kota Argentina? Buat sketsa gambar - mungkin fonograf Edison atau peta Buenos Aires. Apapun subjek yang Anda pelajari, Anda mungkin bisa menemukan cara untuk mengilustrasikannya, yang bahkan bisa mempermudah mengingat, terutama bagi pelajar visual.

  4. Buat presentasi Powerpoint. Visual membuat belajar lebih cepat dan mudah, jadi mengapa tidak belajar di komputer dan menggambarkannya melalui dek Powerpoint? Pilih titik-titik kunci untuk subjek tertentu dan daftarkannya ke Powerpoint, dengan menggunakan gambar bila memungkinkan. Hal ini bisa sangat berguna bagi pelajar kinestetik, yang belajar paling baik dengan melakukan.

Sumber : http://getcollegecredit.com/blog/article/5_ways_to_make_studying_fun