Bagaimana saya bisa membersihkan pikiran saya saat belajar ?

belajar

Sebagai pelajar maupun mahasiswa tentunya kita dituntut untuk memahami materi yang telah disampaikan di kelas. Untuk memahami hal tersebut kita perlu belajar. Namun, pasti ada tingkat dimana kita mengalami sebuah kepenatan dalam belajar. Bagaimana cara agar saya dapat membersihkan pikiran agar proses belajar saya lancar?

Kalian akan menyadari bahwa untuk belajar secara efektif, kalian perlu membersihkan pikiran kalian dari segala kekacauan. Bayangkan hal ini seperti menjernihkan otak. Bagian terbaiknya? Itu adalah sesuatu yang dapat kalian terapkan dalam kehidupanmu sehari hari dan hasil yang positif yang dapat kalian lihat secepatnya.

Lalu apa yang harus dilakukan?

Tips #1: Persiapan Otak Kalian Sebelumnya.

Sebelum kalian memulai sesuatu yang baru, persiapkan otak kalian sebelum melakukan kegiatan tersebut. Hal ini akan membantu kalian untuk termotivasi, sehingga kalian dapat sepenuhnya menyerap apa yang ada di depan kalian. Berikut adalah bagaimana cara melakukanya:

  • Daripada membayangkan belajar sebagai sebuah tugas, ubahlah hal tersebut menjadi sebuah pilihan. Katakan pada diri sendiri, "Ini adalah sesuatu yang benar-benar ingin aku pelajari lebih banyak.
  • Ingatkan diri kalian tentang nilai dari usaha kalian dengan pertanyaan ini: “Mengapa saya melakukan ini?” Buatlah hubungan antara apa yang sedang kalian lakukan sekarang dengan tujuan yang telah kalian tetapkan untuk diri kalian sendiri. Hal ini dapat berupa belajar keterampilan baru, sebuah topik penelitian yang membuat kalian tertarik, belajar untuk ujian sehingga kalian dapat lulus dan memulai karir kalian, memecahkan masalah tertentu yang kalian hadapi saat itu, dll.
  • Memvisualisasikan apa yang akan kalian lakukan. Ini adalah teknik yang disebut membangun mental; bayangkan secara rinci apa yang kalian harapkan kedepannya. Dengan membayangkan rinciannya, pastikan untuk menyertakan semua langkah yang akan kalian lakukan. Misalnya, jika kalian meneliti sesuatu yang baru, bayangkan tentang sejumlah bahan (Bab, paragraf, Bagian), ambil catatan konsep-konsep penting, tuliskan pertanyaan untuk menindaklanjutinya nanti. Manfaatnya? Dengan memberitahu diri kalian sebuah bayangan, kalian melatih otak kalian untuk mengantisipasi langkah berikutnya dan memetakan proses seluruh belajar dengan cara yang lebih mudah untuk dipahami.

Tips #2: Buat pikiran kalian sibuk dengan menjawab pertanyaan ini: apa satu hal yang benar benar ingin saya selesaikan hari ini?

  • Mengapa hal ini penting? Mendorong kalian untuk berpikir secara strategis dan membuat kalian terfokus pada tujuan kalian (baik pribadi dan profesional), akan memaksa kalian untuk mendahulukan prioritas dan berfungsi sebagai janji pribadi kepada diri sendiri.
  • Bagaimana kalian dapat menerapkannya ke dalam hari kalian: Tulislah hal tersebut. Tulislah dalam huruf besar di selembar kertas dan gantung di dinding kamar tidur atau kamar mandi kalian. Bacalah keras-keras saat kalian akan memulai hari kalian. Kemudian, ketika kalian menjalani hari kalian, pastikan kalian benar benar melakukan satu hal yang ingin kalian selesaikan.

Tip #3: Menenangkan pikiran Kalian dengan doa atau meditasi.

Meluangkan beberapa menit waktu yang tenang untuk berdoa sangat bermanfaat untuk kalian sebelum memulai hari yang sibuk. Juga, jika kalian ingin untuk menenangkan pikiran kalian, cobalah bermeditasi. Dengan aplikasi disebut Headspace kalian dapat melakukan meditasi yang dipandu selama 10 menit; Setelah kalian menyelesaikan 1 sesi, kalian dapat melanjutkan ke tingkat berikutnya dengan waktu 15 dan 20 menit pada masing-masing sesi, atau kalian bisa melakukannya hanya dalam 10 menit jika kalian tidak memiliki waktu.

Tips #4: Matikan semua gangguan.

Kadang-kadang sulit untuk fokus dengan apa yang sedang kita lakukan karena perhatian kita terpecah ke hal-hal kecil yang ada di sekitar kita. Gangguan dapat dengan mudah membuat kalian teralihkan dari pekerjaan kalian. Multitasking merupakan contoh yang bagus: kalian bisa membaca email dan terus-menerus memeriksa Instagram, Facebook, atau Twitter kalian. Tapi apakah kalian tahu bahwa multitasking dapat menurunkan IQ kalian sebesar 10 poin? Bila kalian mematikan apa yang mengganggu kalian, kalian memiliki kesempatan yang lebih baik untuk benar-benar melakukan apa yang penting bagi kalian. Berikut adalah bagaimana cara melakukannya:

  • Mengatur telepon kalian ke mode pesawat ketika kalian harus fokus.
  • Membiarkan orang lain tahu bahwa kalian akan sibuk dalam beberapa jam berikutnya sehingga mereka tidak mengganggu kalian.
  • Periksa email kalian dan aplikasi sosial media hanya 2-3 kali sehari (sekitar siang hari, kemudian pada sore, dan malam).
  • Hindari browsing Internet atau membaca berita harian; lakukan kegiatan ini untuk nanti setelah kalian menyelesaikan apa yang harus kalian lakukan.

Tips #5: Olahraga.

Untuk benar-benar membangunkan seluruh sistem kalian, pilihlah beberapa jenis aktivitas fisik. Kalian dapat pergi ke gym, atau yang lebih sederhana seperti yoga rutin di pagi hari, serangkaian pushups, 20 menit jogging sebelum mandi. Tujuannya adalah agar kalian menjadi konsisten; aktivitas aktivitas kecil tersebut dapat memberikan kalian energi, dan kalian dapat selalu melengkapinya dengan 30 menit berjalan selama istirahat makan siang atau berolahraga di sore hari.

Tip #6: Tidur Siang.

Untuk memberikan otak kalian kesempatan untuk beristirahat dan menyerap materi baru yang telah kalian dapat selama hari kerja, cobalah untuk tidur siang.

  • Sisihkan sedikit waktu di sore hari sekitar 30 menit, jika jadwal kalian fleksibel.
  • Blok semua kebisingan di lingkungan sekitar dengan headphone.
  • Dengarkan musik yang dapat membantu kalian bersantai. kalian dapat memilih musik klasik atau bahkan suara alam.

Tip #7: Jadwal latihan 4 jam setelah sesi belajar intens.

Olahraga jelas penting untuk meningkatkan memori, tetapi kuncinya adalah dalam pemilihan waktu.
• Para ilmuwan menemukan bahwa orang-orang yang olahraga empat jam setelah sesi belajar mereka dapat mengingat informasi dengan lebih baik beberapa hari kemudian daripada mereka yang langsung olahraga setelah belajar atau mereka yang sama sekali tidak melakukannya.
• Mengapa hal ini penting? Scan otak dari studi menunjukkan bahwa olahraga dengan selang waktu memengaruhi hippocampus, wilayah otak yang penting bagi pembelajaran dan memori.

Sumber :
https://www.quora.com : How should I clear my mind while studying

Terkadang kita bisa begitu terjebak dalam tekanan dan kekhawatiran akan kehidupan pribadi kita sehingga pikiran kita menjadi terlalu campur aduk untuk beroperasi secara efektif. Hal ini berdampak pada hal lain dalam kehidupan kita sehari hari. Setelah berjam-jam membaca dan belajar, otak kita bisa kelelahan dan akhirnya seperti “kelebihan muatan”.

Dalam situasi seperti ini, seringkali perlu adanya penyegaran kembali pikiran kita sepenuhnya agar otak kita berfungsi optimal.Tapi pada saat kita sedang tegang, membersihkan pikiran tidaklah mudah. Cobalah teknik relaksasi ini jika menurut anda otak anda telah “bermuatan lebih”.

1. SET SETIAP SELAMA LIMA MENIT UNTUK WAKTU PENYEGARAN OTAK

Jika anda di sekolah, lihat apakah anda bisa mengistirahatkan kepala anda di suatu tempat atau menemukan ruangan kosong atau tempat yang sepi. Jika perlu, atur alarm atau mintalah teman untuk membangunkan anda pada waktu yang diinginkan.

2. TEMUKAN WAKTU ATAU TEMPAT YANG MENEMPATKAN ANDA SEPERTI BERADA DI DUNIA YANG PENUH KEDAMAIAN.

Tempat ini akan berbeda untuk orang yang berbeda. Pernahkah Anda duduk di pantai menyaksikan ombak datang dan menyadari bahwa anda telah “pergi keluar” untuk sementara? Ini adalah jenis pengalaman yang Anda cari. Pengalaman lain yang bisa membuat kita berada di luar adalah:
Duduk dalam kegelapan dan menatap lampu pohon natal lalu mengingat betapa sepi dan tentram yang terasa?
Berbaring di tempat tidur larut malam mendengarkan musik yang menenangkan
Berbaring telentang pada hari yang dingin sambil melihat awan bergerak kesana kemari

3. TUTUP MATA DAN MASUKI “DUNIA IMPIAN” ANDA

Jika Anda di sekolah dan sedang mempersiapkan ujian di kelas, Anda mungkin hanya meletakkan siku di atas meja dan meletakkan tangan anda di atas mata. Bagi beberapa orang, mungkin bukan ide bagus untuk menundukkan kepala.
Gunakan semua indera anda untuk membuat pengalaman anda se-nyata mungkin. Jika Anda memikirkan pohon natal, bayangkan bau pohon dan bayangan bayang-bayang yang berlapis di dinding.
Jangan biarkan masalah tes merayap ke kepala anda. Jika anda mulai memikirkan masalah tes, bersihkan pemikiran itu dan berkonsentrasilah lagi pada tempat “dunia impian” anda.

4. KELUARLAH DARI HAL TERSEBUT!

Ingat, ini bukan bermaksud melupakan tesnya. Tetapi intinya di sini adalah meremajakan otak Anda. Setelah lima atau sepuluh menit waktu penyegaran, jalan-jalanlah sebentar atau minumlah air untuk memberi energi kembali pada tubuh dan pikiran Anda. Tetap santai dan tahan untuk memikirkan hal-hal yang membuat anda stres atau menyumbat otak anda. Jangan biarkan otak anda kembali membeku.

Sekarang maju dengan tes atau sesi belajar anda segar dan siap!

Sumber :

Seperti halnya komputer , otak manusiapun perlu disegarkan. ketika kita sedang belajar terus menerus tanpa istirahat , otak kita dan pikiran kita akan kelelahan .Sehingga belajar pun menjadi tidak efektif dan sia sia. Bagaimanakah caranya untuk membersihkan atau menyegarkan pikiran ketika belajar?
Berikut adalah beberapa tips untuk menyegerkan pikiran ketika belajar

1. Temukan lingkungan belajar yang sesuai.

Kamar tidur atau ruang kelas Anda tidak selalu merupakan tempat terbaik. Temukan tempat yang bagus dan sepi dengan kursi besar yang nyaman, seperti ruang duduk Anda, sebaiknya tanpa televisi, komputer atau telepon genggam dalam jangkauan Anda. Jangan terlalu memikirkan media sosial dan cobalah menjauh dari media sosial.

Perpustakaan biasanya tempat yang bagus untuk belajar karena sepi. Mungkin kantor orang tua Anda adalah lokasi potensial lain, asalkan sepi dan menawarkan sedikit gangguan.

2. Siapkan beberapa makanan dan cemilan

Ketika belajar , otak akan bekerja sangat keras dan membutuhkan energi yang sangat besar. terkadang kita akan menjadi kelelahan ketika telah belajar dalam beberapa periode waktu. Untuk menyegarkan pikiran kembali kita perlu asupan energi dari makanan atau minuman yang berguna untuk tubuh kita

3. Istirahat sejenak.

Setelah 45 menit belajar, istirahatlah 10 menit dan lakukan sesuatu yang berbeda. Cobalah untuk kembali belajar setelah jeda; Istirahat tidak boleh lebih dari 20 menit.Rencanakan istirahat Anda dengan alarm. Jika jeda Anda direncanakan, Anda cenderung tidak akan melewatkannya , dan yang lebih penting lagi, cenderung “tidak sengaja” membutuhkan lebih banyak waktu daripada yang dibutuhkan.

Mengapa beristirahat?

Otak Anda butuh waktu untuk mengisi ulang setelah memproses banyak informasi. Dalam beberapa penelitian, beristirahat sejenak dan berjalan di sekitar akan meningkatkan ingatan dan skor tes .

4. Jadilah Termotivasi.

Jika Anda belajar dengan baik dan mempersiapkan ujian, Anda akan baik-baik saja. sehingga Anda dapat menikmati ujian. Jangan berpikir bahwa ujian adalah masalah besar, anggap itu sebagai sesuatu untuk menantang pembelajaran Anda.Tetapkan tujuan untuk diri Anda sendiri, biarpun agak tidak realistis.

Dorong diri Anda untuk melakukan lebih baik daripada apa yang Anda pikir bisa Anda lakukan, dan siapa tahu, mungkin Anda akan mengejutkan diri sendiri.Memotivasi diri Anda dengan hadiah. Ini membutuhkan sedikit kontrol diri, jadi mintalah seseorang yang memiliki wewenang untuk membantu Anda jika Anda memerlukan bantuan.

Beri diri Anda hadiah jika Anda belajar dengan baik, merasa siap, dan melakukannya dengan baik dalam ujian.

Katakan pada diri sendiri mengapa belajar itu penting. Ini berbeda untuk setiap orang. Mungkin Anda peduli mendapatkan skoryang sempurna. Mungkin Anda benar-benar peduli dengan materi subjek.

Mungkin Anda bertaruh dengan ayah Anda dan Anda tidak tahan kehilangan. Apa pun itu, ingatkan diri Anda mengapa Anda bekerja keras dan katakan pada diri sendiri bahwa ini layak dilakukan.

sumber : http://www.wikihow.com/Focus-on-Studying