Bagaimana rute ke Labuan Bajo melalui darat?

Sebenarnya ada banyak cara menuju pelabuhan Labuan Bajo Flores. Tinggal bagaimana pilihan kamu mau via udara atau darat atau laut. Jika mau melalui darat, maka bagaimana rute menuju Labuan Bajo?

Berikut rute menuju Labuan Bajo melalui darat :

1. Surabaya – Lombok Via Darat

Kamu bisa melalui jalur darat dengan kereta Api. Pilih stasiun Gubeng tujuan – Stasiun Banyuwangi Baru dengan tarif sekitar Rp 100.000an. Dari stasiun Banyuwangi tinggal jalan kaki ke pelabuhan Ketapang Banyuwangi sekitar 5 menitan. Nah sampai di pelabuhan Ketapang naik bus tujuan Bali yakni terminal Ubung.

Harga tiket bus dari Pelabuhan Ketapang ke Terminal Ubung adalah sekitar Rp 35.000 – Rp 60.000. Lama perjalananya sekitar tiga jam perjalanan termasuk penyeberangan Selat Bali via kapal feri. Tenang saja di pelabuhan Ketapang banyak bus yang melayani rute terminal Ubung.

Sampi diterminal Ubung kalian harus naik bus lagi menuju pelabuhan Padang Bai Bali. Biaya yang dibutuhkan adalah sekitar Rp 45.000 – Rp 60.000 dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 4 jaman. Ets dari pelabuhan Padang Bai Bali kita harus nyebrang ke pelabuhan Lembar Lombok.

Lama penyeberangan ke Pelabuhan Lembar Lombok dari Padangbai Bali adalah 4-5 jam. Tarif yang dikenakan sekitar Rp 45.000 – Rp 50.000. Sudah sampai di lembar artinya sudah sampe Lombok dan kalian tinggal cari jalan menuju ke Pelabuhan Khayangan Lombok Timu salah satunya mellaui terminal Mandalika kota Mataram.

2. Pelabuhan Perak Surabaya – Pelabuhan Lembar Lombok Via Laut

Dari Surabaya kini sudah ada kapal laut yang langsung melayani Rute Surbaya – Lombok. Kapal KMP Legundi adalah kapal yang akan melayani rute ini Berangkat dari dermaga Jamrud Utara 310, Terminal Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, dan akan merapat di Pelabuhan Lembar, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Tapi sayangnya KMP Legundi hanya melayani seminggu dua kali tujuan Surabaya-Lombok. Penyebrangan hanya ada pada Selasa dan Sabtu dari Pelabuhan Perak Surabaya dan Hari Senin dan Kamis dari pelabuhan Lombok.

Perjalanan yang dibutuhkan adalah sekitar 21 Jam melintasi lautan. Tarif baru KMP Legundi yakni buat dewasa : Rp 87.000, Anak-anak : Rp 62.000, sepeda motor : Rp 225.000, Mobil pribadi : Rp 1.525.000, dan mobil pick up : Rp 1.392.000.