© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Bagaimana ruangguru mengelola dan mempertahankan eksistensinya di antara para kompetitornya?

Bagaimana ruangguru mengelola dan mempertahankan eksistensinya di antara para kompetitornya?

2 Likes

Seperti yang dituliskan di kompas, dibandingkan para kompetitornya seperti Quipper dan Zenius, tampilan di ruangguru lebih menarik dan tidak monoton. Jika video di aplikasi lain hanya menampilkan seorang guru yang menjelaskan di sebuah whiteboard, lain halnya dengan ruang guru. Pada aplikasi ini tak hanya guru dan whiteboardnya, tetapi juga menampilkan animasi yang lebih membuat user tertarik. Selain itu melalui tes di ruangguru, hasil pengujian akan memperlihatkan analisis menggunakan grafik yang akan menunjukkan kelebihan dan kelemahan siswa di bidangnya. Grafik itu akan dibagikan ke orang tua yang nantinya membuat orang tua siswa lebih memahami keunggulan anak mereka.

Tampilan situs ruangguru lebih dinamis dan tak terkesan ‘too much’. Satu layar hanya akan menunjukkan satu soal dan jika sudah menjawab bisa swipe ke slide berikutnya. Selain itu juga akan ada skor untuk setiap soal. Skor ini akan dibandingkan dengan skor siswa lain. Dengan skor tertentu, siswa akan diberi reward seperti beasiswa.

Ruangguru merupakan sebuah startup karya anak bangsa yang bergerak di bidang pendidikan. Bentuk dari ruangguru ini adalah aplikasi yang dapat diakses oleh semua kalangan pelajar dari SD, SMP dan SMA. Di sana banyak sekali konten-konten menarik yang dapat membantu para pelajar dalam belajar materi di sekolahan. Ruangguru merupakan aplikasi yang sudah mendapat penghargaan dari lembaga ternama dan terkenal di antaranya Google Developers Launchpad, Unicef, Bubu Awards, Solve, Atlassian Foundation, Australian Government Department of Foreign Affairs and Trade, Kinses 2016, Rice Bowl.

Telah mendapat citra yang bagus di mata masyarakat, hal tersebut tak luput dari usaha para pendiri ruangguru dalam mengelola dan mempertahankan eksistensisnya. Apalagi di era digital seperti ini, banyak sekali kompetitor yang bermunculan dalam mengembangakan hal yang serupa dengan ruangguru ini. Manajemen yang dilakukan oleh pihak ruangguru dalam hal ini salah satunya yaitu kerja sama antara ruangguru dengan media sosial LINE untuk menarik minat para pelajar, dimana para pelajar di era digital ini, sering kali menggunakan media sosial untuk berkomunikasi seperti LINE. Media sosial LINE identik dengan para penggunanya yang masih muda, karena diarasa cocok dengan bidikan customernya (pelajar), maka dilakukanlah relation antara ruangguru dan LINE.

Ruangguru X LINE diperuntukan untuk pelajar SMP sampai SMA. Bentuknya seperti forum-forum yang telah disesuaikan dengan tingkatan kelas dan sekolah. Mereka bisa belajar dengan tutor yang berpengalaman yang telah disediakan serta fitur ini tidak berbayar alias gratis. Para pelajar dapat mengakses forum-forum tersebut dengan menggunakan aplikasi LINE dibagian LINE Academy Square. Cukup dengan menekan lambang square di bagian pojok kanan atas tab timeline LINE. Lalu pilih LINE Academy di kolom study. Selain belajar, para pelajar juga bisa berbagi pengalaman di sekolah masing-masing antar sesama pengguna.

Dari sini kita dapat mengetahui cara ruangguru dalam mengelola dan mepertahankan eksistensinya diantara kompetitor yang semakin banyak. Cara yang dilakukan yaitu dengan memperluas hubungan (relation) agar terus dapat diingat dan dikenal oleh para masyarakat. Manajemen seperti ini sangat lah penting agar startup yang dikembangkan dapat sukses. Saling bekerjasama dan saling memberikan dukungan (profit atau non profit) merupakan hal yang tidak dapat dikesampingkan dalam mengembangkan sebuah usaha. Tentunya, saat bekerja sama juga diperhitungan tentang kecocokan bidikan yang dituju, agar dapat memaksimalkan hasilnya.

Sumber :
https://ruangguru.com/

https://blog.ruangguru.com/belajar-di-line-academy-square-yuk-2

Ruangguru merupakan perusahaan teknologi yang bergerak di bidang pendidikan. Perusahaan ini mengemas bimbel online persiapan SBMPTN ke dalam aplikasi belajarnya yang bernama Ruangguru. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengakses segala kegiatan ataupun bahan belajar yang diperlukan untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi SBMPTN.

Target pengguna Ruangguru ialah para pelajar dari tingkat SD, SMP, SMA dan juga para Calon PNS, serta bagi orang orang yang sudah bekerja pun bisa. Maka untuk target pengggunanya Ruangguru tidak ada batasan. Untuk zaman sekarang, kebanyakan masyarakat lebih sering menggunakan mobile phone atau alat elektronik lainnya untuk mencari ilmu, terutama bagi para pelajar. Oleh karena itu, Ruangguru mempunyai inovasi dalam belajar. Dengan adanya Ruangguru, pelajar di Indonesia bisa belajar dimanapun sesuai keinginan. Ruangguru menyediakan sistem tata kelola pembelajaran (learning management system) yang dapat digunakan murid dan guru dalam mengelola kegiatan belajar di kelas secara virtual melalui Kelas Saya. Dilengkapi dengan ribuan bank soal yang kontennya disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di Indonesia, serta peralatan analisis hasil tes, pengguna dapat memanfaatkannya tanpa dipungut biaya. Kini ruang Guru sudah berkembang menjadi sebuah platform digital dan multimedia yang memberikan layanan di dunia pendidikan yang bisa diakses melalui aplikasi berbasis Android dan iOS.

Para murid bisa mengerjakan latihan soal secara online, baik melalui website Ruangguru ataupun aplikasi Ruangguru, sambil bermain game Petualangan Nusantara. Di sana, berbagai latihan soal yang disusun berdasarkan topik mata pelajaran, dapat kamu taklukkan sambil menangkap monster-monster yang tersebar di setiap topik mata pelajaran. Konsep yang paling mutakhir yang tersedia pada latihan soal online ini sengaja dihadirkan untuk menambah nuansa belajar agar semakin menyenangkan. Dengan adanya pengemasan belajar dalam bentuk video. Ruangguru ini akan membuat pelajar ketagihan belajar dan mengasyikkan. Karena video yang ada di aplikasi ini dibuat semenarik mungkin menggunakan animasi, jadi walaupun diputar berulang-ulang pun nggak bakal bikin bosen dan lebih mudah dipahami. Materi belajarnya pun bisa disesuaikan dengan materi belajar kamu di sekolah, karena kamu sendiri yang memilih mau belajar apa.
Ruangguru sudah menerima berbagai penghargaan dari lembaga ternama, seperti Unicef, Bubu Awards, Google Developers Launchpad, dan masih banyak lagi. Untuk sekolah-sekolah yang sudah bekerjasama dengan Ruangguru, mereka juga menggunakan sistem ruangkelas untuk memantau perkembangan siswa di sekolah.

Dengan hal ini, Ruangguru bisa mempertahankan eksistensinya di antara kompetitor karena inovasinya dalam belajar yang mengemas dalam bentuk video,adanya penghargaan, kepercayaan, kualitas serta fitur-fitur yang dapat membuat pengguna menjadi tertarik dan menyenangkan dalam belajar.

Ruang guru mempertahankan eksistensinya di antara para kompetitornya dengan cara mencari ivestasi untuk mensupport aplikasi tersebut dengan lebih baik, guru yang disediakan pada aplikasi ini sangat banyak yakni berskisar antara 12.000 dibandingkan kompetitor kompetitor yang lainnya.

Hal lain yang menjadi keunggulan ruang guru yakni customer Satisfaction, Ruangguru menerapkan kebijakan dalam membantu para orangtua menentukan harga yang disepakatinya dengan calon guru. Penyesuaian harga memang paling banyak dilakukan antara orangtua calon murid dengan calon guru. Kebanyakan memang para orangtua merasa cocok dengan harga yang disepakati, karena relatif lebih murah dari bimbingan belajar lain. Namun jika ditemukan kasus di mana orangtua merasa cocok dengan guru tertentu, tetapi dirasa harga yang ditentukan calon guru masih terlalu mahal, Ruangguru akan menjadi penengah diskusi harga tersebut dengan berkomunikasi lebih lanjut bersama calon guru. Jika tidak juga menemukan jalan keluar, Ruangguru akan memberikan rekomendasi kepada calon murid untuk memilih calon guru lainnya. Sebuah kemudahan bagi calon murid untuk dapat belajar dengan guru-guru yang profesional.

Ruangguru.com didirikan oleh Iman Usman, dan Adamas Belva untuk menjembatani kebutuhan orang tua dan siswa mencari guru-guru privat terbaik di bidangnya. Ruangguru.com juga menyediakan platform persiapan ujian yang memungkinkan siswa untuk mempersiapkan diri dengan berbagai tipe ujian berbasis analisis data. Berbagai mata pelajaran tersedia di sini, diantaranya pelajaran sekolah, persiapan tes tersandardisasi, bahasa asing, musik, olahraga dan sebagainya. Layanan tersebut memungkinkan para pelajar untuk mengakses ribuan bank soal yang disesuaikan dengan kurikulum pendidikan nasional tanpa dipungut bayaran sepersen pun.

Para pengajarnya adalah mahasiswa berprestasi dari berbagai universitas ternama, guru-guru berpengalaman, serta tenaga profesional dengan rekam jejak yang memadai. Selain itu para guru yang tergabung dalam situsnya diberikan komisi yang tinggi sebesar 80%. Sedangkan ruang guru hanya mengambil 20% dari tarif yang disetujui antara guru dengan siswanya. Alhasil, jumlah guru yang tergabung di situsnya bertambah banyak. Ia menekankan guru diberikan komisi tinggi sebagai bentuk apresiasi yang tinggi kepada tenaga pengajar.

Sesuai dengan tagline yang dibawa Ruangguru, yaitu “Belajar Apapun Dari Siapapun”, siapa saja bisa mendaftarkan dirinya menjadi calon guru. Setiap pendaftar akan diseleksi terlebih dahulu. Tujuannya agar kualitasnya sesuai standar yang ditetapkannya. Setiap calon guru harus menyertakan beberapa berkas yang menunjukkan keahliaannya dalam mengajar bidang tertentu, misalnya transkrip nilai kuliah, sertifikat pelatihan, dan penghargaan yang diperoleh untuk diberikan peringkat dan berkas tersebut akan diverifikasi oleh pihak Ruangguru.

Ruangguru berkomitmen untuk menjadi mitra bagi pemerintah daerah demi memberikan pendidikan berkualitas melalui Sistem Manajemen Belajar (LMS). Tahun lalu, Ruangguru berhasil bekerja sama dengan 32 (dari 34) pemerintah provinsi dan lebih dari 326 pemerintah kota dan kabupaten di Indonesia. Selain itu, Ruangguru juga menawarkan video belajar berlangganan, marketplace les privat, layanan bimbingan belajar on-demand, tryout ujian online, dan lain-lain.

Terlihat bahwa Ruangguru.com sangat mengedepankan kualitas untuk bertahan menghadapi para kompetitornya. Para guru yang tergabung bukanlah guru yang ‘abal-abal’ melainkan telah lulus kualifikasi standar yang ditetapkan oleh Ruangguru.com. Selain berkualitas, para pengguna ruangguru.com dapat menikmati layanan yang ada seperti bank soal tanpa membayar sepeser pun. Selain itu latar belakang pendidikan dari pendiri Ruangguru.com yang memiliki pendidikan yang tinggi memberikan nilai tambah bagi startup ini untuk terus mengembangkan produknya hingga ke mancanegara. Ruangguru.com juga telah banyak melakukan kerjasama dengan pemerintahan untuk meningkatkan eksistensinya dan menambah kepercayaan masyarakat terhadap Ruangguru.com

Sumber : https://swa.co.id/swa/headline/cita-cita-ruang-guru-menguasai-asia-tenggara

1 Like

ruangguru masih itungannya pemain baru si… tapi belakangan bisa menyodok ke papan atas karena berbagai macam banyak pencapaian, salah satunya di Playstore (RG 4,7 dari 202rb komentar)

yang paling kondang ya digital bootcamp, jadi ada grup khusus persiapan ujian dengan tutor standby juga ada video animasi belajarnya yg menarik dan pembahasan soalnya yg ngebantu banget.