Bagaimana review menurut anda tentang film Surat dari Praha?

image

Surat Dari Praha adalah sebuah film Indonesia tahun 2016 yang menjadi karya ketujuh Angga Dwimas Sasongko sebagai sutradara. Film yang dibintangi oleh Julie Estelle, Tio Pakusadewo, Widyawati, Rio Dewanto terinspirasi dari kisah kehidupan para pelajar Indonesia di Praha yang tidak bisa kembali akibat perubahan situasi politik Indonesia tahun 1966 pasca Gerakan 30 September dan karya musik Glenn Fredly sebagai elemen utama cerita. Menurut anda bagaimana review tentang film Surat dari Praha?

Film-film bertemakan cinta memang tergolong banyak. Namun bila cinta yang harus pupus ditengah jalan karena problema politik mungkin sangat jarang ditemui. Angga Dwimas Sasongko, selaku sutradara memadukan kedua unsur tersebut menjadi satu kesatuan yang harmonis. Berawal dari sebuah wasiat seorang ibu untuk mengantarkan sebuah kotak dan surat kepada mantan tunangannya di Praha. Larasati (Jullie Estele) harus terbang ke Praha, Ceko untuk memenuhi wasiat tersebut. Alasan politik pada masa Orde Baru yang membuat mantan tunangan ibundanya tidak bisa kembali ke tanah air serta bagaimana hidup orang-orang yang senasib dengannya mejadi daya tarik tersendiri pada film ini.

Film cinta kebanyakan menyuguhkan cinta melankolis antar pemain dan selalu berakhir happy ending. Tapi Surat dari Praha mampu menyajikan kisah cinta melankolis yang dibalut pembelajaran sejarah politik masa Orde Baru. Film ini pun mengajarkan bahwa kekuatan maaf dan cinta sejati adalah suatu hal yang berharga dalam hidup.