Bagaimana review mengenai film Her?

Berbeda dengan The Matrix, film Her menceritakan tentang realita seorang penulis duda, Theodore (Joaquin Phoenix), di kehidupan modern yang membangun hubungan emosional dengan Samantha, operating system yang ia beli. Her akan membahas tentang ketergantungan manusia terhadap teknologi dan sampai mana kapabilitasnya untuk menggantikan human relationships.

Film ini mengisahkan tentang cinta. Tetapi tidak selazimnya cinta antara manusia. Dalam film ini mengambil tokoh AI atau artifical Inteligence yang merupakan sebuah sistem operasi komputer sebagai salah satu tokoh kekasih. Film ini menceritakan mengenai hubungan cinta antara manusia dan benda. Entah dapat dikatakan cinta atu obsesi hal tersebut. pakah cinta hanya bisa diaplikasikan oleh manusia saja? Siapa yang berhak atas cinta? Pertanyaan-pertanyaan menggelitik ini diracik dengan sentuhan-sentuhan teknologi futuristik yang elegan, memberikan nuansa setting film yang terkesan tidak terlalu jauh dari zaman kita berada sekarang.

Her mengisahkan seorang pria, Theodore Twombly (diperankan oleh Joaquin Phoenix), yang bekerja sebagai penulis surat bagi orang-orang yang tidak mampu atau tidak ingin menulis surat sendiri. Dengan latar Los Angeles di masa depan, Theodore yang depresi dan kesepian akibat proses perceraian dengan istri yang dicintainya, kemudian menjalin hubungan dengan Samantha (disuarakan oleh Scarlett Johansson), sebuah sistem operasi komputer. Samantha begitu cerdas, sehingga mampu mendalami dan menjelajahi perasaan layaknya manusia. Hubungan Theodore dan Samantha terjalin makin erat, hingga keduanya saling jatuh cinta. Dinamika cinta mereka disajikan dengan brilian, terutama melalui kekuatan skrip Jonze. Ending yang disuguhkan pun memuaskan, di mana Theodore dan Samantha menemukan redemption masing-masing.

Joaquin Phonenix dalam peran ini memerankan Theodore mampu beracting dengan baik dan memberikan rasa kepercayaan kepada penonton. Suara Scarlett Johansoon yang menjadi pengisi suara sang sistem operasi dengan suara khas. Film ini juga memiliki soundtrack yang menyentuh pula.