Bagaimana review dari game Persona 5?

image
Persona adalah salah satu game yang bercerita seseorang yang memiliki kekuatan terpendam didalam dirinya dan orang tersebut bisa merubah hati seseorang. Atlus selaku developer persona pada tahun 2016 mengeluarkan series terbaru dari persona game yaitu Persona 5. Lalu bagaimana review dari game Persona 5 ini?

Dengan sekelibat masa lalu memperlihatkan aksinya menyelamatkan seorang wanita dari potensi kejahatan pelecahan seksual, Anda tiba-tiba menemukan fakta bahwa karakter utama Anda justru menjadi pihak yang disalahkan. Pernah menikmati masa penjara dan kini dipaksa untuk pindah sekolah ke kota lain, Anda harus bersiap memulai “hidup yang baru” di sebuah kota yang masih terasa begitu asing. Adalah Sojiro Sakura – seorang pria tua pemilik kafe kecil yang siap menampung Anda. Dengan masa percobaan selama 1 tahun, hal terakhir yang ingin Anda lakukan adalah mencari masalah yang cukup untuk membuat Anda ditendang kembali.

Namun seperti yang bisa diprediksi, hari sekolah Anda ternyata berakhir lebih “gila” dibandingkan dengan apa yang Anda pikirkan. Perjalanan biasa ke sekolah suatu hari tiba-tiba memerangkap Anda di dalam sebuah kastil misterius dengan raja yang menyerupai guru olahraga Anda. Tak hanya itu saja, Anda juga bertemu dengan seorang kucing yang bisa bicara bernama Morgana, yang berakhir menjadi penyelamat di saat yang genting. Sempat berada di kondisi terdesak dan hampir meregang nyawa karena eksistensi monster di dalam kastil yang menyeramkan, Anda tiba-tiba melahirkan sebuah makhluk kuat dari dalam tubuh Anda bernama Persona. Lewat kekuatannya, Anda berhasil selamat.

Kelebihan :
Pendekatan Artstyle
Desain karakter yang manis
Gameplay turn-based yang butuh strategi
Tingkat kesulitan yang menantang
Musik yang fantastis
Waifu War! (Makoto is the bae)
Konsep management waktu
Menjalani hidup sebagai “pelajar” biasa
Confidant yang menarik untuk dikejar untuk ekstra buff
Waktu gameplay yang menyentuh puluhan – ratusan jam
New Game+ dengan ekstra tantangan
Desain Persona yang super duper keren!
Tiap Palace punya tema, tantangan, dan puzzle-nya sendiri-sendiri
Kualitas cut-scene ala anime jempolan
Dual-Audio

Kekurangan :
Beberapa translasi masih terasa kasar
Morgana yang terlalu cerewet ketika “mengurung” Anda di kamar