Bagaimana review dari game Frostpunk?


Frostpunk adalah salah satu game yang dinantikan di tahun 2018 ini, Frostpunk sendiri bercerita tentang bagaimana kondisi dunia di masa lampau ketika diserang musim dingin yang panjang, lalu bagaimanakah review dari game ini?

Frostpunk mengambil semua timeline alternatif. Seperti nama yang ia usung, kata “punk” di dalamnya juga menyiratkan tema Steampunk untuk dunia yang berbeda dengan yang kita kenal ini. Sebuah teknologi berbasis mesin uap namun dengan implementasi yang sudah menyentuh kata futuristik itu sendiri. Sebuah dunia yang juga sudah memuat automaton di dalamnya, sebuah teknologi yang bahkan belum kita capai dengan ragam teknologi saat ini.

Secara garis besar, Frostpunk mengambil setting di tahun 1886 “Steampunk”, dimana dunia tiba-tiba diserang oleh musim dingin berkepanjangan tanpa ada tanda-tanda akan mereda. Dengan sinar matahari yang tidak banyak membantu dan suhu yang membuat begitu banyak hal membeku, manusia berhadapan dengan situasi terburuk yang pernah ada. Bahan pangan mati dan tidak lagi bisa memenuhi kebutuhan yang ada, dingin membuat beberapa tempat tidak lagi ideal untuk ditempati, dengan hewan ternak yang juga mengalami kondisi yang sama. Bagi beberapa orang, cara terbaik untuk bertahan hidup adalah memulai proses eksplorasi untuk mencari tempat yang lebih aman dan nyaman. Dan itulah yang akan Anda lakukan.

Kelebihan :
Dasar cerita dan dunia yang ditinggali
Tingkat kesulitan
Masalah yang terus memberikan tantangan
Kesempatan memilih metode solusi via Book of Law
Proses eksplorasi ke luar untuk mendapatkan resource
Tidak ada momen yang hambar
Skenario berbeda menawarkan set tantangan yang juga berbeda

Kekurangan :
Minim alternatif solusi untuk satu masalah tertentu
Tidak terasa personal / emosional

Beberapa Screenshot dari game ini :