Bagaimana rekomendasi Cara memilih vitamin untuk rambut kering?

Cara memilih vitamin untuk rambut kering

Bagaimana rekomendasi Cara memilih vitamin untuk rambut kering?

Paparan sinar matahari, polusi, dan cara menata rambut sering kali membuat rambut Anda menjadi kering. Sama seperti kulit, rambut juga perlu dirawat agar tidak menjadi kering. Salah satu produk perawatan untuk menjaga rambut tetap berkilau adalah vitamin rambut.

Penyebab rambut kering

Penyebab rambut kering

Kreatin merupakan protein yang menyusun rambut manusia. Faktor lingkungan dapat merusak kreatin sehingga rambut menjadi kering, pecah-pecah, hingga mudah patah. Paparan sinar matahari, polusi, kelembapan yang tinggi, dan styling rambut membuat kreatin menjadi rusak. Kebiasaan mencuci rambut setiap hari juga dapat mengikis minyak alami rambut. Rambut menjadi terlihat kusam dan tidak bercahaya.

Selain faktor lingkungan, ada hal lain juga yang harus diperhatikan yaitu konsumsi makanan. Jarang mengonsumsi buah dan sayur juga dapat menjadi penyebab rambut kering. Lakukanlah perawatan agar rambut Anda kembali berkilau, salah satunya dengan menggunakan vitamin rambut.

Vitamin rambut diaplikasikan langsung pada rambut Anda. Beberapa vitamin ini mengandung minyak alami untuk membuat rambut Anda lebih lembut.

Agar rambut kering Anda berubah menjadi lebih berkilau, simak tips berikut untuk memilih vitamin rambut.

Perhatikan bahan-bahannya


Perhatikan bahan-bahannya

Beberapa vitamin dibutuhkan oleh rambut agar tetap sehat, seperti vitamin A, B, C, D, dan E. Selain menutrisi, vitamin bersifat sebagai antioksidan yang melindungi rambut dari kerusakan. Vitamin ini juga menjaga agar rambut tidak rontok dan tumbuh dengan baik. Pada produk serum rambut, vitamin dapat berasal dari ekstrak bahan dasarnya atau bisa juga merupakan produk sintetis.

Anda juga dapat memilih ekstrak bahan-bahan alami, seperti madu, minyak kelapa, minyak zaitun, minyak argan, dan alpukat. Bahan-bahan tersebut kaya akan asam lemak untuk mengembalikan kelembapan rambut. Kandungan asam amino pada ekstrak tersebut juga menutrisi rambut. Selain itu, bahan yang sudah terkenal ampuh untuk melembapkan dan melebatkan rambut adalah Aloe vera.

Pilih bentuk sesuai kemudahan penggunaan


Pilih bentuk sesuai kemudahan penggunaan

Vitamin untuk rambut kering hadir dalam beberapa bentuk, spray dan non-spray. Bentuk spray akan lebih mudah untuk digunakan ketika Anda sedang terburu-buru karena cukup disemprotkan. Tidak hanya digunakan pada rambut kering setelah berkeramas, bentuk ini juga dapat digunakan kapan saja sepanjang hari.

Vitamin rambut dalam bentuk non-spray dapat berupa kapsul. Anda perlu mengoleskannya pada rambut. Bentuk ini tentu lebih mudah dibawa-bawa karena ukurannya lebih kecil. Selain kapsul, ada juga bentuk botol biasa dan botol tetes.

Perhatikan petunjuk penggunaan dan aplikasikan dengan tepat


Perhatikan petunjuk penggunaan dan aplikasikan dengan tepat

Penggunaan vitamin untuk rambut dapat berbeda dari produk yang satu dan produk lainnya. Ada vitamin rambut yang harus diaplikasikan setelah rambut kering. Jenis vitamin rambut ini biasanya digunakan sebelum penataan rambut untuk melindungi dari panas dan zat kimia.

Selain itu, ada juga vitamin rambut yang dapat diaplikasikan kapan saja jika Anda merasa rambut kering. Model ini tentu lebih praktis jika Anda sedang terburu-buru. Model lainnya adalah vitamin rambut yang digunakan semalaman dan dibilas keesokan paginya. Jenis ini sangat cocok jika Anda terburu-buru di pagi hari untuk pergi ke acara penting.

Apabila Anda sedang mengalami masalah rambut kering, Anda dapat melakukan sejumlah cara, seperti pakai merk vitamin untuk rambut kering yang punya kualitas bagus dan terbaik. Rambut kering dapat dialami setiap orang. Penyebabnya pun beragam, seperi terkena paparan sinar matahari ekstrem, cara berkeramas yang salah, zat klorin pada air kolam renang, melakukan styling rambut berlebihan, malnutrisi, hingga penyakit tertentu.

Berbagai jenis vitamin untuk rambut kering pria dan wanita dapat digunakan untuk mengembalikan kelembapan dan memberikan kelembutan pada rambut. Sumber vitamin ini bisa diperoleh dari konsumsi makanan, produk khusus perawatan rambut, dan suplemen yang sudah dibekali kandungan yang difokuskan untuk mengatasi masalah rambut kering.

Cara Memilih Vitamin untuk Rambut Kering

Untuk mengurangi masalah rambut kering, Anda bisa memakai suplemen vitamin. Di pasaran beredar banyak merk vitamin seperti Ellips, Makarizo, Lucido-L dan sebagainya. Setiap produk punya kelebihan dan kekurangannya berdasarkan bahan-bahan yang digunakan. Berikut ini kami akan bantu Anda dalam memilih vitamin untuk rambut kering dan kusam.

1. Untuk Hasil Rambut Lembap dan Berkilau, Carilah yang Kaya Vitamin E

Ada beberapa jenis vitamin yang bisa dipakai untuk melembapkan rambut kering, salah satunya vitamin E. Jenis vitamin ini bekerja dengan memberikan lapisan pelindung pada kulit kepala. Keberadaan lapisan pelindung tersebut akan menjaga kelembapan di area kulit kepala serta memberikan kilau rambut alami Anda. Vitamin E juga bisa membantu mengatasi masalah rambut kering dan rontok.

Jenis vitamin E dapat diperoleh dari beberapa sumber makanan atau suplemen. Pada makanan, vitamin E bisa ditemukan pada buah seperti alpukat atau tumbuhan seperti lidah buaya. Selain itu, vitamin E untuk rambut kering juga dapat diperoleh dari minyak alpukat, minyk kelapa, minyak bunga matahari, dan minyak zaitun. Sebagian suplemen rambut kering juga ada yang menggunakan dua bahan alami ini sebagai bahan utama untuk membantu melembapkan rambut.

2. Untuk Mengembalikan Produksi Sebum, Pilihlah yang Tinggi Vitamin A

Vitamin A selama ini dikenal baik untuk kesehatan mata. Tapi Anda perlu tahu kalau jenis vitamin ini juga bermanfaat bagi rambut yang mengalami kekeringan. Vitamin A bekerja dengan mendukung kemampuan kelenjar minyak pada kulit kepala dalam memproduksi sebum. Sebum adalah minyak yang berfungsi untuk melembapkan rambut serta memberikan rambut sehat.

Pada produk suplemen vitamin untuk rambut kering dan bercabang, Anda bisa mencari yang kaya dengan vitamin A untuk kondisi rambut yang tidak baik proses produksi sebumnya. Asupan vitamin A sendiri sebenarnya bisa Anda peroleh dari sumber makanan seperti tomat, bayam, wortel, labu, ubi, telur, dan yoghurt. Jika Anda ingin cara yang lebih praktis, Anda bisa mendapatkan kebutuhan tersebut dari suplemen, hair lotion atau serum rambut.

3. Untuk Rambut Kering yang Tipis dan Disertai Kerontokan, Carilah Suplemen Tinggi Vitamin B7

Jenis vitamin lain yang perlu Anda kenali sebelum memilih vitamin untuk rambut kering yang bagus adalah vitamin B7 atau biotin. Jenis zat ini telah dibuktikan melalui penelitian baik untuk memelihara kesuburan rambut. Terutama buat Anda yang bermasalah dengan rambut kering yang tipis dan mudah rontok, disarankan untuk mengembalikan ketebalan rambut dengan memakai produk kaya akan biotin.

Biotin juga dapat memberikan rambut yang lebih sehat, tebal, dan berkilau. Jenis vitamin ini bekerja dengan menambah produksi oksigen serta nutrisi ke kulit kepala dan folikel rambut. Anda bisa mendapatkan vitamin B7 (biotin) dari makanan seperti kacang kedelai, bayam, jamur, tellur, keju, susu, dan sebagainya. Kebutuhan biotin per hari jika dikonsumsi sebagai vitamin rambut sekitar 2000 – 5000 mikrogram (2-5 miligram) per hari.

4. Untuk Rambut Kering dan Mudah Patah, Pilihlah yang Diperkaya Vitamin C

Anda harus betul-betul mengenali kondisi rambut kering Anda apakah disertai masalah lain atau tidak. Jika rambut kering diperparah dengan kondisi akar yang mudah rontok atau patah, maka kami sarankan untuk menggunakan vitamin untuk rambut kering alami yang kaya akan antioksidan. Antioksidan ini bisa diperoleh dari vitamin C untuk melindungi kerusakan sel rambut dari radikal bebas.

Vitamin C tentunya juga akan memperkuat akar rambut dan memberikan nutrisi penting untuk tubuh dalam memproduksi kolagen, sebuah protein pembentuk sel kulit dan rambut. Dalam memilih suplemen, Anda bisa melihat labelnya apakah punya persentase vitamin C cukup tinggi atau tidak. Jika ingin memenuhi kebutuhan vitamin C dari dalam, Anda bisa temui dari makanan seperti pepaya, jeruk, dan jambu.

5. Kenali Jenis Vitamin Rambut yang Beredar di Pasaran

Vitamin rambut bisa ditemukan dalam beberapa versi bentuk, seperti kapsul lunak, spray , serum, dan sebagainya. Anda bisa menyesuaikan bentuk vitamin yang hendak dibeli dengan kebutuhan pemakaian. Rata-rata perempuan Indonesia lebih memilih untuk membeli vitamin dalam bentuk minyak pada kapsul lunak. Jenis ini dipilih karena Anda bisa lebih leluasa dalam menerapkannya di rumah.

Walau demikian, ada juga kondisi yang membuat Anda memerlukan waktu cepat untuk melakukan perawatan rambut. Karena itu, kehadiran vitamin rambut dalam bentuk semprot atau spray dapat dijadikan andalan untuk keadaan-keadaan genting. Tentunya, bentuk spray juga punya nilai praktis yang lebih tinggi.