Bagaimana rekomendasi Cara memilih masker mentimun?

Bagaimana rekomendasi Cara memilih masker mentimun?

Bagaimana rekomendasi Cara memilih masker mentimun?

Mentimun merupakan bahan alam yang sangat potensial untuk digunakan menjadi masker selain Aloe vera. Kandungan air mentimun membuat kulit lebih lembap serta mengurangi iritasi pada wajah. Bagi Anda yang terlalu sibuk sehingga tidak sempat meracik masker berbahan dasar mentimun, Anda bisa membeli masker mentimun di pasaran.

Kami akan memberikan tips memilih masker metimun dalam artikel kali ini.

Manfaat mentimun untuk kecantikan kulit


Manfaat mentimun untuk kecantikan kulit

Mentimun bukan hanya digunakan sebagai lalapan, tetapi juga sangat bermanfaat untuk kulit. Kandungan air yang banyak pada mentimun membuatnya melembapkan kulit wajah Anda dengan baik. Selain melembapkan, mentimun juga dapat memberikan efek dingin pada wajah yang berguna untuk mengurangi iritasi. Mentimun juga memiliki kandungan vitamin A, C, dan folat yang berguna sebagai antiradang dan antioksidan.

Manfaat-manfaat dalam timun ini membuatnya diganderungi sebagai salah satu bahan dasar masker wajah. Anda cukup memotong-motong timun menjadi bagian kecil, lalu menempelkannya pada wajah. Sekarang sudah banyak masker mentimun yang dijual di pasaran. Khasiatnya pun bisa Anda pilih sesuai dengan jenis kulit atau permasalahan kulit wajah Anda.

Berikut ini adalah tips cara memilih masker mentimun terbaik. Baca selengkapnya dan jangan sampai ada poin yang terlewat, ya.

Pilih jenis masker mentimun


Masker mentimun tersedia dalam berbagai jenis dan bentuk. Setiap jenis masker memiliki efek yang berbeda dan tentunya ditujukan untuk permasalahan kulit yang berbeda pula. Pilihlah jenis masker sesuai dengan jenis kulit Anda!

1. Pilih clay mask yang kaya mineral untuk menyerap minyak berlebih

Pilih clay mask yang kaya mineral untuk menyerap minyak berlebih

Clay mask terbuat dari tanah liat yang mengandung mineral alami. Kandungan mineral ini mampu menyerap minyak berlebih pada kulit wajah. Pemilik kulit berminyak akan sangat cocok menggunakan masker ini. Namun, pemilik kulit kering dan sensitif harus menghindari jenis masker ini. Kemampuannya untuk menyerap minyak akan membuat kulit wajah Anda semakin kering.

Oleskan masker ini pada wajah dan tunggu beberapa menit. Setelah didiamkan beberapa lama, Anda tinggal membilasnya hingga bersih. Efek yang didapatkan setelah menggunakan masker jenis ini adalah wajah bebas minyak dan lebih segar. Cukup gunakan masker ini satu kali dalam seminggu agar kulit wajah Anda tidak menjadi terlalu kering.

2. Pilih sheet mask untuk membuat kulit lebih lembap maksimal

Pilih sheet mask untuk membuat kulit lebih lembap maksimal

Masker ini merupakan masker yang banyak digemari dan banyak diproduksi. Sesuai dengan namanya, masker ini berbentuk lembaran yang menutupi wajah Anda. Di dalam kemasan masker ini sudah terkandung esens yang terserap pada lembaran masker. Pemakaiannya pun cukup mudah karena Anda cukup menempelkannya pada wajah Anda. Beristirahatlah sejenak kemudian buka lembaran masker tanpa perlu dibilas.

Kandungan esens pada sheet mask bermanfaat untuk memberikan kelembapan ekstra pada kulit wajah Anda. Masker jenis ini sangat cocok bagi pemilik kulit kering dan sensitif. Selain melembapkan, esensnya juga dapat menenangkan kulit iritasi. Namun, perlu diingat untuk tidak menggunakan masker ini semalaman karena akan membuat kulit Anda gatal-gatal keesokan harinya.

3. Pilih peel off mask untuk membersihkan pori secara mendalam

Pilih peel off mask untuk membersihkan pori secara mendalam

Peel off mask digunakan seperti clay mask, tetapi setelah beberapa saat masker ini akan membentuk lapisan pada kulit Anda. Setelah beberapa lama digunakan, kelupas, dan tarik masker ini dari wajah Anda. Masker jenis ini berfungsi untuk membersihkan pori-pori secara mendalam. Ketika menunggu masker membentuk lapisan, masker ini akan menempel pada pori-pori Anda dan akan mengangkat kotoran pori ketika dilepaskan.

Jika Anda memiliki masalah komedo atau pori tersumbat, gunakanlah masker ini. Cukup gunakan masker ini sekali dalam seminggu. Penggunaan peel off mask yang berlebihan dapat membuat kulit Anda menjadi iritasi.

Pilih masker sesuai kebutuhan kulit


Mentimun sendiri memang memiliki manfaat untuk kulit. Namun, beberapa masker memiliki bahan tambahan. Anda dapat menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan atau permasalahan kulit Anda.

1. Hindari kandungan mineral oil bagi pemilik kulit sensitif

Hindari kandungan mineral oil bagi pemilik kulit sensitif

Pemilik kulit sensitif harus lebih berhati-hati dalam memilih produk perawatan wajah. Sebisa mungkin hindari masker dengan kandungan mineral oil serta pewangi. Kedua bahan tersebut mungkin dapat memperparah atau memicu sensitivitas pada kulit Anda.

Mentimun sendiri memang sudah memiliki soothing effect yang memberikan sensasi rileks pada kulit wajah Anda. Untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, Anda dapat memilih masker mentimun dengan kandungan Aloe vera. Bahan ini dapat meringankan efek iritasi serta memberikan kelembapan. Tambahan madu juga dapat membantu mengurangi kemerahan pada kulit.

2. Kandungan antioksidan baik untuk mencegah kerutan pada wajah

Kandungan antioksidan baik untuk mencegah kerutan pada wajah

Bagi Anda yang ingin mencegah kerutan pada wajah, pilihlah masker mentimun yang mengandung bahan antioksidan. Ekstrak tanaman, seperti teh hijau, dapat berperan sebagai antioksidan untuk mencegah kerutan dan garis-garis halus pada wajah. Pilih juga kandungan Centella asiatica yang mampu meningkatkan produksi kolagen pada wajah.

Selain itu, Anda juga dapat memilih masker yang sudah mengandung kolagen dan hyaluronic acid untuk meningkatkan kekenyalan kulit wajah Anda. Keduanya merupakan penyusun kulit alami agar lebih kenyal dan kencang.

3. Bahan salicylic acid berguna untuk mengurangi jerawat pada wajah

Bahan salicylic acid berguna untuk mengurangi jerawat pada wajah

Jika Anda memiliki masalah kulit wajah berjerawat, pilih masker mentimun yang mengandung salicylic acid untuk mencegah breakout. Anda juga dapat memilih tambahan witch hazel yang juga dapat membantu mengurangi bakteri penyebab jerawat. Witch hazel mampu mengurangi iritasi akibat jerawat sehingga wajah tidak kemerahan.

Pilih masker dengan bahan alami atau organik


Pilih masker dengan bahan alami atau organik

Memperhatikan komposisi masker sangat penting untuk mencegah iritasi pada wajah. Sebisa mungkin, pilihlah masker dengan bahan-bahan alami atau organik. Hindari masker dengan bahan paraben, phenoxyethanol, hydroquinone, polyethylene, dan retinol.

Bahan-bahan seperti paraben dan phenoxyehtanol dapat membuat kulit semakin kering dan menyebabkan iritasi pada wajah. Selain bahan-bahan tersebut, sebisa mungkin hindari kandungan alkohol pada masker bagi pemilik kulit kering. Alkohol justru akan membuat kulit Anda semakin kering.