Bagaimana reaksi Anda ketika mengetahui Ada sesorang yang parkir berserakan ?

parkir berserakan

Tempat parkir merupakan hak semua orang namun apa jadinya apabila ada yang parkir berserakan yag harusnya muat dua motor namun dia letakkan ditengah tengah yang jadinya motor lain susah masuk ?

Biasanya orang yang memarkir kendaraannya sembarangan disebabkan karena mereka terburu-buru. Hal tersebut sangat menyebalkan karena harusnya mereka tau ada kepentingan orang lain juga untuk parkir dan tempat parkir itu juga bukan punya dirinya sendiri melainkan untuk umum. Jika saya menemukan orang yag parkir berserakan seperti itu saya akan menegur dan mengingatkan bagaimana memarkir motor / mobil dengan benar. setidaknya pikirkan orang lain juga jangan memikirkan diri sendiri saja

Budaya tertib memang masih menjadi masalah besar di Indonesia. Tidak hanya tertib parkir, tetapi juga tertib-tertib lainnya. Terutama tertib di jalan raya.

Jalan raya sudah menjadi seperti rimba belantara, dimana “hukum rimba” yang menjadi acuannya. Siapa yang kuat, dia yang menang.

Begitu juga dengan parkir sembarangan, ketika tertib dianggap sebelah mata, yang ada hanya ke-egois-an semata, maka parkir sembarangan akan menjadi “budaya”.

Terus terang, banyak orang, termasuk saya, yang sudah apatis dengan masalah tersebut. Bagaimana tidak apatis, ketika kita menegur mereka yang parkir sembarangan (jelas-jelas salah), malah kita yang dimarahi dan di caci maki disertai ancaman-ancaman oleh orang tersebut.

Sudah seperti hukum rimba bukan ?

Sifat apatis yang saya lakukan menag tidak sepenuhnya baik, yang mana, ketika banyak orang yang membiarkan “kesalahan-kesalahan” terjadi di masyarakat, maka “kesalahan-kesalahan” tersebut akan menjadi “kebenaran”.

Oleh karena itu, peran petugas sangat dominan untuk mengatasi permasalahan tersebut, karena petugas mempunyai wewenang untuk “menindak” perbuatan yang tidak memenuhi aturan yang ada. Masyarakat sosial tidak mempunyai wewenang tersebut. Coba lihat pasrkir-parkir di mall, ketika banyak petugas yang mengatur, maka tidak terjadi parkir sembarangan, walaupun orang yang parkir adalah orang yang biasa parkir sembarangan di tempat lain.