© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Bagaimana rasa biji kopi luwak dengan harga mahal ini yuk intip!


Kopi luwak terkenal jadi salah satu kopi termahal didunia. Alami proses fermentasi, kopi ini dikabarkan rendah kafein tetapi harganya cukup fantstis.

Kopi luwak ini merupakan kopi yang diambil dari kotoran hewan sejenis musang yang memakan buah kopi yang masak. Kopi luwak disebut-sebut unggul karena hewan ini memiilih buah kopi yang benar-benar masak. Kotoran tersebut kmeudian dicuci, dikeringkan, dikupas dan disangrai. Selnajutnya diproses seperti biji kopi pada umunya. Disebut biji kopi ini memiliki rasa yang sedikit manis dan tidak asam. Dari segi rasa kopi luwak terbilang enak rasanya juga tidak terlalu pahit.

Karena kopi luwak yang ditangkar dengan yang liar agak berbeda. Hal ini dikarenakan proses mereka dalam memilih makanan. Kopi luwak liar disebut-sebut manghasilkan biji kopi yang lebih enak. Karena ketika luwak menikmati makanan mereka akan memilih biji kopi yang benar-benar masak. Sedangkan untuk luwak yang ditangkar memang awalnya akan memilih biji kopi yang matang. Ketika tidakada biji kopi yang manis, mereka akan mencari makanan lain atau bahkan dari biji kopi yang disediakan penangkar saja.

Namun ketika malam hari mereka kelaparan dan tidak bisa pergi kemana-mana sudah pasti akan memakan juga buah kopi yang belum matang. Dalam proses pembuatannya ini ada beberapa tahap yang harus dilakukan. Awalnya luwak tidak memakan semua biji kopi dialam. Biasanya luwak memilih biji kopi yang warnanya merah karena rasanya lebih manis. Di kota Jember sudah tersedia biji kopi luwak Jember lho makanan kesukaan hewan luwak ini.

Biji kopi yang sudah dimakan, dikeluarkan oleh luwak berupa fases dan segera diambil dan dibersihkan. Biji kopi dijemur dibawah sinar matahri hingga kering. Biji yang sudah kering dikupas satu persatu dengan tangan secara normal dan mencucinya hingga bersih. Agar aroma tercium nikmat, kopi disangrai diatas tungku kayu, lalu kopi ditumbuk hingga halus namun jaman sekarang tidak perlu ditumbuk karena sudah tersedia mesin kopi murah Jember lalu tinggal diseduh dengan air panas untuk dinikmati.

Harga kopi luwak dengan kopi biasa tentu berbeda 1 kg kopi luwak dibandrol dengan harga lebih dari 1 juta, sedangkan kopi biasa hanya sekitar 100 ribu per kg. masalahnya agak sulit membedakan biji kopi luwak liar yang benar-benar mahal harganya karena sedikit dengan kopi dari luwak hasil penangkaran.

Minat? Bisa langsung hubungi nomor 085784510337 (Rodiatul).