Bagaimana pseudosains dapat berkembang?

974f31b9-79c2-4a36-9c94-85a200257aaf_169

Pernahkah kamu mendengar tentang teori bumi datar? Teori bumi datar adalah pandangan bahwa bentuk bumi adalah piringan dengan Lingkaran Arktik di pusat dan Antartika dengan dinding es setinggi 150 kaki di sekeliling lingkaran. Tentunya saja teori ini dibantah oleh para ahli astronomi dan dianggap sebagai pseudosains.

Istilah pseudosains (pseudoscience) berasal dari kata pseudo dan science. Pseudo yang berarti semu atau palsu sedangkan science berarti pengetahuan atau ilmu pengetahuan. Berdasarkan istilah tersebut ditemukan pengertian bahwa pseudosains merupakan sebuah pengetahuan yang seolah-olah ilmiah tetapi sebenarnya tidak mengikuti metode ilmiah dan tidak/belum/gagal diuji secara ilmiah. Jika tidak terbukti secara ilmiah, lantas bagaimana cara pseudosains dapat berkembang hingga saat ini?

3 Likes

Menurut saya, pseudosains dapat berkembang hingga saat ini dikarenakan rasa ingin tahu yang tinggi sehingga selalu berusaha mencari keterangan atau jawaban dari fenomena yang terjadi di lingkungan kita. Namun di sisi lain, individu juga ingin mendapatkan pengetahuan tersebut secara instan sehingga tidak melalui proses maupun metode secara ilmiah. Cara memperoleh pseudosains ini bisa berasal dari mitos, wahyu, tradisi, prasangka, intuisi hingga penemuan secara kebetulan.

1 Like

Karena beberapa orang menyukai hal yang berbeda, diluar nalar & menarik untuk dibahas. Pseudosains berkembang hingga saat ini dikarenakan masih banyak yang menyukai atau bahkan tertarik tentang pseudosains.

2 Likes

jika pseudosains tidak menggunakan pendekatan ilmiah, sampai kapanpun itu akan menjadi pseudo (semu). seperti teori bumi datar, jika hanya dilakukan pembuktian dengan cara obrolan tongkrongan maka sampai kapanpun itu hanya menjadi sebuah obrolan tongkrongan. namun jika dilihat dari perspektif konspirasi tentu akan ada banyak yang akan tertarik untuk membahasnya

2 Likes

Terkait dengan perspektif konspirasi, memang banyak hal yang dapat dibahas menggunakan teori ini. Mulai dari menyanggah pengetahuan yang sudah dibuktikan secara ilmiah sampai dunia entertainment juga tak luput dari perspektif konspirasi. Mungkin salah satu alasan kenapa teori konspirasi yang sebenarnya masih bagian dari pseudosains dapat berkembang bahkan populer di kalangan masyarakat adalah karena cakupan pembahasannya yang meluas dan menimbulkan pro kontra yang membuat orang berlomba-lomba mengeluarkan pendapatnya sendiri.

Terkait dengan hal berbeda dan diluar nalar, sepertinya berhubungan dengan konsepdiri seseorang, ya, dimana mungkin seseorang memiliki penilaian bahwa dia ingin dirinya digambarkan oleh orang lain sebagai orang yang berwawasan luas dan berpikiran out of the box sehingga memunculkan kemungkinan-kemungkinan baru terkait informasi yang sudah beredar meskipun kekurangannya adalah tidak memastikan kembali terkait kebenaran informasi yang beredar itu apakah ilmiah atau pseudosains.

pseudosains dapat berkembang karena manusia mempercayai hal tersebut, walaupun kebenarannya belum dapat dipastikan. menurut beberapa orang pseudosains adalah suatu hal yang menarik dan dapat dipelajari lebih lanjut. misalnya astrologi, masih tersebar hingga saat ini karena apa? karena itu adalah hal yang menarik untuk dipelajari, dan orang yang membacanya merasakan ‘aku merasakan hal serupa’ dan meyakini bahwa itu benar adanya, padahal hal dalam astrologi bersifat itdak mutlak

pseudosains memang secara kenyakinan kita bahwa bumi ini datar kok sesuai dengan pandangan kita karena bumi berupa hamparan saya setuju dengan teori itu dan sisi lain bumi ini bulat karena dipandang dari sudut yang berbeda bahwa bumi berputar pada porosnya terjadinya siang dan malam ini semua benar memiliki pandangan multi tafsir didalam kitab Al_qur’an jga.