Bagaimana proses yang baik dalam melakukan customer research ?

penelitian pelanggan

Proses riset pelanggan yang terorganisasi dengan baik menghasilkan hasil yang valid, akurat, dapat diandalkan, tepat waktu, dan lengkap. Hasil riset yang dikumpulkan dengan cermat yang mencerminkan pendapat dan kebutuhan pelanggan akan membantu daam meningkatkan penjualan dan meningkatkan operasi Anda. Untuk mendapatkan hasil yang Anda butuhkan, tetapkan dan ikuti proses riset pelanggan yang diakui.

Bagaimana proses yang baik dalam melakukan customer research ?

Berikut merupakan proses terjadinya Custome Research :

  1. Tetapkan tujuan Anda
    Pertimbangkan tujuan riset pelanggan anda dan tentukan serangkaian tujuan yang jelas yang mengidentifikasi apa yang perlu anda ketahui dan apa yang akan anda lakukan dengan informasi tersebut. Pastikan tujuan Anda tidak menganggap hasilaAnda, dan jadilah SMART tentang pengaturannya:

    • Specific - Nyatakan dengan jelas apa yang ingin Anda capai
    • Measurable - Atur langkah-langkah nyata agar Anda tahu kapan Anda telah mencapai tujuan Anda
    • Achievable - Yang sesuai dengan kapasitas dan anggaran Anda
    • Relevant - menetapkan sasaran yang akan membantu Anda meningkatkan aspek-aspek tertentu dari bisnis Anda
    • Time bound - Tetapkan tujuan yang dapat dicapai dalam waktu yang Anda butuhkan.
  2. Rencanakan penelitian Anda
    Perencanaan yang baik memungkinkan Anda menggunakan pendekatan kreatif dan logis untuk mengumpulkan informasi. Rencana Anda akan dipengaruhi oleh jenis dan kompleksitas informasi yang Anda butuhkan, keterampilan riset pelanggan tim Anda, seberapa cepat Anda membutuhkan informasi dan anggaran Anda.

    Identifikasi daftar pertanyaan Anda dan putuskan metode penelitian yang akan mencapai tujuan Anda dengan baik. Detail pendekatan riset Anda dan berikan beberapa pemikiran awal tentang bagaimana Anda akan menyusun dan menganalisis data Anda.

    Kumpulkan dan susun temuan Anda

    Buat daftar langkah-langkah penelitian Anda, kebutuhan data dan metode pengumpulan. Buat tabel untuk mencatat:

    • kegiatan penelitian konsumen
    • data yang dibutuhkan**
    • metode pengumpulan data Anda
    • langkah-langkah analisis data Anda.

    Ingat, penelitian hanya berharga dan bermanfaat ketika valid, akurat, dan andal.Mengandalkan penelitian yang salah itu berbahaya. Hal ini dapat membuat Anda berisiko mendasarkan keputusan penting Anda pada temuan yang salah dan menyebabkan kerugian pelanggan dan penurunan penjualan. Berhati-hatilah untuk tidak mengubah satu pendapat menjadi temuan riset Anda.

    Sangat penting untuk memastikan data Anda adalah:

    • Valid - baik didirikan, logis, ketat, suara dan tidak bias
    • Akurat - bebas dari kesalahan dan menyertakan detail yang diperlukan
    • Dapat diandalkan - dapat direproduksi oleh orang lain yang meneliti dengan cara yang sama
    • Tepat waktu - saat ini dan dikumpulkan dalam jangka waktu yang tepat
    • Lengkap - termasuk semua data yang Anda butuhkan untuk mendukung keputusan bisnis Anda.
  3. Analisis dan pahami riset Anda
    Analisis data dapat berkisar dari langkah sederhana, langsung ke proses teknis dan kompleks. Ambil pendekatan akal sehat, dan pilih metode analisis data Anda berdasarkan penelitian yang telah Anda lakukan.

  4. Buat daftar dan kelompokkan informasi Anda
    Pilih spreadsheet yang memungkinkan Anda untuk memasukkan data Anda dengan mudah. Jika Anda tidak memiliki banyak data, Anda harus dapat mengelolanya menggunakan alat spreadsheet dasar yang tersedia dalam perangkat lunak perkantoran standar. Jika Anda telah mengumpulkan data yang lebih komprehensif dan kompleks, Anda mungkin perlu mempertimbangkan menggunakan program khusus untuk mengelolanya, seperti sistem basis data atau program manajemen hubungan pelanggan (CRM).

    Pilih struktur sederhana untuk mencatat data Anda - misalnya, tabel yang memungkinkan Anda untuk membuat daftar pertanyaan survei secara vertikal dalam tabel Anda dan mencatat tanggapan Anda sebagai angka yang dikategorikan berdasarkan usia, jenis kelamin, pendapatan, atau faktor lain yang penting bagi Anda.

  5. Tinjau dan tafsirkan informasi Anda untuk menarik kesimpulan
    Setelah Anda mengumpulkan semua data Anda, Anda dapat memindai informasi Anda dan menafsirkannya untuk menarik kesimpulan dan membuat keputusan.Tinjau data Anda dan kemudian:

    • Mengidentifikasi tren dan tema utama, masalah, peluang, dan masalah yang Anda amati, dan tuliskan kalimat tentang masing-masing
    • Catat seberapa sering setiap temuan utama muncul
    • Daftar temuan Anda dalam urutan yang paling umum hingga yang paling tidak umum
    • Menilai dan secara terpisah daftar kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang telah Anda identifikasi dalam analisis SWOT .
  6. Kembangkan kesimpulan dan rekomendasi tentang riset Anda
    Sebelum Anda membuat kesimpulan tentang riset Anda, kunjungi kembali tujuan penelitian Anda. Pertimbangkan apakah proses yang Anda selesaikan dan data yang Anda kumpulkan membantu menjawab pertanyaan Anda. Tanyakan kepada diri Anda sendiri apa yang diungkapkan oleh penelitian Anda dan identifikasi kesimpulan dan rekomendasi Anda. Tinjau temuan Anda dan, berdasarkan apa yang Anda ketahui sekarang:

    • Pilih beberapa strategi yang akan membantu Anda meningkatkan bisnis Anda
    • Bertindak atas strategi Anda
    • Mencari celah dalam informasi Anda, dan pertimbangkan penelitian lebih lanjut jika perlu
    • Rencanakan untuk meninjau hasil penelitian Anda, dan pertimbangkan seberapa efektif strategi Anda.

Sumber :
https://www.business.qld.gov.au/starting-business/planning/market-customer-research/researching-customers/process