Bagaimana proses terjadinya dan pengendalian penyakit Equine herpesvirus?

Equine herpesvirus menyerang kuda serta anakan kuda. Bagaimana proses terjadinya dan pengendaliannya?

Proses terjadinya

Ada 5 tipe EHV (EHV1-5):

  • EHV1 adalah yang paling signifikan karena meluas dan menyebabkan aborsi, bayi lahir mati, septikemia pada anak baru lahir, tanda-tanda pernapasan dan saraf.
  • EHV2 menyebabkan penyakit pernapasan ringan.
  • EHV3 menyebabkan luka ulseratif pada alat kelamin kuda, yang menyebar selama kawin. Nyeri dapat mencegah kawin tetapi pemulihan biasanya selesai dalam 2 minggu.
  • EHV4 biasanya menyebabkan penyakit saluran pernapasan bagian atas. Pada kesempatan langka mungkin terkait dengan aborsi pada kuda individu.
  • EHV5 menyebabkan penyakit pernafasan ringan.

Gejala EHV1 dan EHV4 termasuk demam, depresi, keluarnya hidung dan batuk, kurang nafsu makan dan kemungkinan pembengkakan kelenjar getah bening di sekitar tenggorokan. Penyakit pernapasan yang lebih ringan mungkin hanya melibatkan konjungtivitis dan batuk dengan sedikit gangguan fungsi pernapasan. Kotoran hidung dan batuk bisa bertahan hingga 3 minggu. Infeksi bakteri sekunder dapat menyebabkan pneumonia.

Aborsi dapat terjadi antara 2 dan 12 minggu setelah infeksi. Anak kuda yang terinfeksi mungkin normal saat lahir tetapi menjadi lemah, sangat tertekan dan mati dalam beberapa hari dengan tanda-tanda penyakit pernapasan.

Kuda dewasa dapat dipengaruhi oleh bentuk saraf penyakit. Tanda dapat bervariasi dari sedikit ataksia sementara untuk inkoordinasi yang parah dan posisi berbaring, yang membutuhkan euthanasia.

Pengendalian
Vaksin tersedia dan direkomendasikan untuk digunakan pada kancing, di kandang kuda balap dan untuk kuda yang kompetitif. Ini tidak akan menjamin perlindungan lengkap tetapi akan sangat mengurangi efek melemahkan penyakit pernapasan virus dan mengurangi jumlah aborsi dalam wabah. Isolasi kuda diperkenalkan selama minimal 3 minggu, terutama untuk kuda hamil dianjurkan. Semua kuda betina hamil harus diisolasi dari anak-anak dan anak-anak.

Ref: https://www.daf.qld.gov.au/business-priorities/animal-industries/animal-health-and-diseases/list/equine-herpesvirus2