Bagaimana proses terjadinya dan lokasi terjadinya Giardiasis? Apakah dapat mempengaruhi manusia?

Giardiasis menginfeksi berbagai vertebrata termasuk mamalia, reptil dan burung. Ini adalah penyebab utama diare pada manusia dan telah diduga menyebabkan diare pada hewan ternak.

Lokasi terjadinya
Organisme penyakit memiliki distribusi yang tersebar luas di seluruh dunia. Ini mungkin mempengaruhi lebih banyak orang di Queensland daripada penyakit lain yang dapat ditularkan antara hewan dan manusia.

Proses terjadinya
Infeksi giardial telah dilaporkan pada hewan yang terkait dengan diare kronis. Hewan muda adalah sumber utama infeksi, tingginya tingkat ekskresi feses yang menyebabkan kontaminasi lingkungan. Perawatan tersedia dan bisa efektif dalam menghilangkan infeksi.

Pengaruh dengan manusia
Giardiasis adalah masalah yang dikenal dalam kelompok-kelompok tertentu termasuk pelancong, berkemah dan orang-orang dengan gangguan keadaan kekebalan. Manusia adalah sumber daya untuk giardia, tetapi anjing dan berbagai hewan telah terlibat sebagai sumber infeksi. Pada burung, penyakit ini biasanya ditemukan pada cockatiels dan budgerigars.

Giardiasis adalah infeksi usus yang dapat tertular dari minum air yang terkontaminasi atau dari kontak pribadi dekat dengan orang yang terinfeksi. Gejalanya bisa berupa diare, kram perut, mual dan / atau muntah, penurunan berat badan, dan kelelahan, yang bisa berlangsung dari satu sampai tiga minggu.

Giardia dapat ditemukan di faeces orang dan beberapa hewan domestik. Akibatnya, ini dapat disebarkan oleh orang-orang selama persiapan makanan, dan transfer parasit dari tangan ke mulut. Beberapa individu yang terinfeksi mungkin tidak menyadari mereka menularkan infeksi karena mereka tidak memiliki gejala apa pun.

Ref: https://www.daf.qld.gov.au/business-priorities/animal-industries/animal-health-and-diseases/list/giardiasis