Bagaimana proses terjadinya dan lokasi terjadinya Equine viral arteritis (EVA)?

Equine viral arteritis (EVA) adalah penyakit virus akut, menular, dan menular.Equine viral arteritis (EVA) adalah penyakit virus akut, menular, dan menular. Bagaimana proses terjadinya dan lokasi terjadinya ?

Lokasi terjadinya
Virus ini hadir dalam populasi kuda di banyak negara di seluruh dunia. Meskipun virus EVA terjadi di Australia, penyakit yang terkait dengan infeksi virus EVA tidak pernah dicatat di sini, yang menunjukkan bahwa strain virus yang beredar di Australia memiliki tingkat virulensi yang rendah.

Proses terjadinya
Paparan terhadap virus EVA mungkin atau mungkin tidak menghasilkan penyakit klinis. Ketika tanda-tanda klinis terjadi mereka dicirikan oleh demam, depresi, gejala pernapasan, pembengkakan kaki terutama kaki belakang, konjungtivitis dan cairan hidung. Virus menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah yang lebih kecil yang mengakibatkan edema dan perdarahan di banyak jaringan dan organ. Beberapa strain virus menyebabkan aborsi dan kematian pada anak-anak muda.

Ref: https://www.daf.qld.gov.au/business-priorities/animal-industries/animal-health-and-diseases/list/equine-viral-arteritis