Bagaimana proses terjadinya dan gejala pada EUS?

Epizootic ulcerative syndrome (EUS) dapat diartikan juga sebagai penyakit bercak merah. Bagaimana proses terjadinya dan gejalanya?

Proses terjadinya
Awalnya, tanda-tanda kotor penyakit awal ditandai dengan bintik-bintik merah kecil dan multipel di atas kulit. Bintik-bintik ini sulit untuk dilihat, dan tanda-tanda pertama yang biasanya diamati adalah ulserasi kulit dalam yang terjadi saat penyakit berkembang. Ulkus ini dapat berada di bagian tubuh atau kepala dan berkisar dari merah ke warna coklat-kotor. Ulkus dapat meluas sampai ke tulang atau ke dalam rongga perut. Ikan yang terkena dampak buruk dapat bertahan hidup untuk beberapa waktu tetapi tidak dapat dijual.

Tidak semua kasus EUS mematikan, dan beberapa ikan dapat sembuh meninggalkan jaringan parut yang terlihat; Namun, banyak ikan yang terkena mati sebagai akibat kegagalan osmoregulasi atau infeksi bakteri sekunder - konsekuensi dari kerusakan kulit dan otot yang parah.

Gejala

  • beberapa bintik merah kecil di atas kulit
  • berwarna merah ke dalam ulkus kulit coklat
  • berenang lemah atau berenang di dekat permukaan.

Ref: https://www.daf.qld.gov.au/business-priorities/animal-industries/animal-health-and-diseases/list/epizootic-ulcerative-syndrome2