Bagaimana proses terjadinya Badai Matahari ?

Badai matahari pertama kali tercatat pada tanggal 1 september 1859 oleh ahli astronomi yang bernama Richard C. Carrington dan Richard Hodgson ketika mereka sedang mengobservasi bintik matahari melalui teleskop di tempat terpisah. Frekuensi terjadinya badai matahari sangat bervariasi, dari mulai seminggu sekali sampai beberapa kali sehari, mengikuti siklus 11 tahunan matahari. Lalu bagaimana proses terjadinya Badai Matahari?

Proses terjadinya badai matahari

Proses terjadinya badai matahari ini dimulai dari beberapa proses, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Pada dasarnya, matahari memiliki aktivitas tersendiri, diantaranya adalah adanya rotasi dan aliran massa atau konveksi yang terjadi dalam perut matahari yang mempengaruhi gaya magnetnya,
  2. Lalu ketika matahari berada pada periode solar maksimum, matahari berada dalam keadaan aktif, plasma matahari pun mengalami peningkatan suhu hingga jutaan derajat celcius. Pada saat seperti ini, gaya magnet dapat berputar hingga terpelintir menembus permukaan matahari dan membentuk kaki-kaki, yang terlihat seperti bintik hitam,
  3. Dan ketika mencapai suhu tertentu, plasma matahari tersebut akan meledak dan menyemburkan berbagai partikel seperti elektron, proton dan ion dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya.
  4. Selain itu, pada periode solar maksimum, bagian – bagian yang berbeda dari matahari berotasi dengan kecepatan berbeda – beda yang menyebabkan garis bidang magnetik pada matahari menjadi kacau sehingga menyebabkan terbentuknya Solar Flare (Lidah Api Matahari) dan sering terjadi bersamaan dengan luapan massa korona (Coronal Mass Ejection).

Badai matahari sering menciptakan aurora langka berwarna merah. Proses terjadinya aurora ini adalah ketika partikel yang dibawa oleh lontaran massa korona yang bergerak menuju bumi menghantam magnetosphere.

Badai matahari biasanya terjadi sekitar sebelas tahun sekali. Dengan demikian, badai matahari bukan peristiwa aneh yang langka, tetapi merupakan bagian normal dari siklus kehidupan matahari dan merupakan fenomena alam yang menakjubkan.

Sumber :
https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/meteorologi/proses-terjadinya-badai-matahari