Bagaimana proses runtuhnya komunisme di Uni Soviet?

Runtuhnya komunisme di Uni Soviet

Kecaman terhadap komunisme datang baik dari kalangan non-komunis dan anti-komunis maupun dari dunia komunis itu sendiri. Dari dalam Uni Soviet sendiri, belakangan terdengar pula suara - suara kritik dan perbedaan pendapat sekalipun masih merupakan suara minoritas yang lemah dari kelompok kecil cendikiawan yang berak dibidang kesusastraan dan ilmiah. Beberapa pengarang muda seperti Andrei Synyavsky dan Yuli Daniel dihukum kerja paksa karena dianggap menerbitkan karangan - karangan anti-Soviet, sedangkan beberapa orang yang memprotes pengiriman tentara Uni Soviet ke Cekoslovakia pada tahun 1968 disingkirkan.

Keruntuhan rezim komunis sejak 1989 diberbagai negara memunculkan beragam teori dan penjelasan. Leslie Holmes, dalam bukunya, mencoba merangkum bergama pendekatan dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya yang berkembang untuk menjelaskan kejatuhan rezim komunisme diberbagai negara, terutama Uni Soviet.

Berbagai pendekatan itu menjelaskan kejatuhan rexim komunis, antara lain ; karena faktor Gorbachev, kegagalan ekonomi, peran kekuatan oposisi, kompetisi dengan negara - negara Barat, koreksi dan reinterpretasi pada ajaran Marxisme, jangkauan wilayah pengaruh yang terlalu luas, teori perbandingan tentang revolusi, teori perbandingan tentang modernisasi dan tentang krisis legitimasi.

Dari kalangan komunis sendiri sendiri dikenal pola Yugoslavia dan bentuk ekstrem dalam diri Millovan Djilas yang secara politis dan ekonomi merupakan penyimpangan yang paling jauh dari pola yang pernah digariskan oleh Uni Soviet. Eksperimen tentang Cekoslovakia yang di bawah pimpinan Alexander Dubchek telah berusaha memperjuangkan apa yang dinamakan “komunisme dengan wajah kemanusiaan”. Selain itu, di beberapa negara Eropa Timur sedang diperjuangkan perubahan - perubahan di bidanf ekonomi yang lebih menekankan soal insentif dan desentralisasi dalam perencanaan dan manajemen. Kalau reformasi ekonomi ini dapat dilaksanakan, maka akan mempunyai implikasi politik yang jauh pula.

Sumber : Prof. Budiardjo Mirian, 2008, Dasar - Dasar Ilmu Politik, PT Gramedia Pustaka Utama:
Jakarta
Holmes Leslie, 1998, Post Communism, Politi Press: Cambridge.