Bagaimana proses-proses yang terjadi didalam Manajemen Perubahan?

Manajemen perubahan (change management) adalah suatu pendekatan untuk mengubah individu, tim, dan organisasi kepada kondisi masa depan yang diinginkan.

Bagaimana proses-proses yang terjadi didalam Manajemen Perubahan ?

Pada gambar di bawah ini menerangkan tentang proses-proses di dalam perubahan. Kotak sebelah kiri menjelaskan proses-proses dan bahan-bahan dari proses-proses tersebut. Tujuan dari perubahan dan manajemen perubahan adalah untuk berpindahnya dari situasi dan proses-proses dari kotak sebelah kiri ke sebelah kanan. Perubahan membutuhkan waktu, sehingga ada waktu yang akan digunakan ketika berpindah dari kotak sebelah kiri ke kotak sebelah kanan.

image
Gambar Proses-proses Perubahan

Di atas kotak sebelah kiri ada issue dan opportunities yang memicu terjadinya perubahan. Pemicu perubahan ini adalah kombinasi dari faktor-faktor yang dikumpulkan dalam perusahaan untuk membuat sebuah perubahan. Perusahaan harus memahami potensi dan pemicu dari sebuah perubahan.

Panah besar dari kiri ke kanan menerangkan bahwa perusahaan harus melakukan perencanaan untuk perubahan. Dengan melakukan berbagai macam langkah untuk membuat perubahan itu berjalan. Sebelum perubahan itu dianggap selesai dilakukan, perubahan harus dapat diukur, diawasi, dan direncanakan manajemen perubahannya.

Pengukuran yang terjadi dapat diselesaikan dengan menggunakan score cards. Score cards adalah pendekatan kolaboratif untuk secara keseluruhan menilai unjuk kerja dan keadaan dari proses bisnis (Lientz, et al., 2004).