© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Bagaimana Proses Produksi Kopi Luwak?

Setelah sistem pemeliharaan dan budidaya luwak sesuai prinsip kesejahteraan hewan akan dibahas dibawah ini. hari ini saya akan membahas tentang bagaimana “Cara Produksi Kopi Luwak” melalui pemeliharaan yang memenuhi prinsip kesejahteraan hewan adalah proses produksi kopi luwak.

Kesejahteraan luwak sebagai actor utama produksi kopi luwak adalah aspek yang sangat penting, disamping pohon kopinya sendiri. Sistem pemeliharaan dan budidaya luwak pun standar operasional penangkapan luwak dari habitatnya adalah masalah yang tidak bisa diabaikan. Sistem pemeliharaan dan budidaya luwak sesuai prinsip kesejahteraan hewan menjadi bahasan tersendiri. Kesejahteraan hewan dalam arti kesejahteraan luwak memilliki peran penting dalam kesinambungan dan kelanjutan bisnis kopi luwak.

Anda pecinta kopi? Anda bisa tanam bibit kopi sendiri lho, di jember sudah tersedia bibit kopi luwak Jember dengan ini anda juga bisa memproduksi kopi sendiri lho apalagi di Jember sudah tersedia mesin kopi murah Jember lho.

Ini dia cara produksi kopi luwak melalui pemeliharaan luwak yang memenuhi prinsip kesejahteraan hewan yang membahas proses produksi kopi luwak.

Proses produksi kopi luwak

Berikut ini proses produksi kopi luwak :

  1. Pemberian kopi sebagai pakan luwak
  2. Pengumpulan biji kopi dan fress luwak,
  3. Pencucian / pembersihan
  4. Pemilihan biji kopi
  5. Penyimpanan harus memenuhi prinsip kesejahteraan hewan, kehalalan, keamanan pangan, dan kelestarian lingkungan.

Pemberian kopi sebagai pakan luwak

Penggunaan hewan luwak dalam proses produksi kopi luwak harus memperhatikan persyaratan kesejahteraan hewan dalam penggunaan dan pemanfatan hewan yaitu tidak menggunakan dan memanfaatkan hewan diluar kemampuan kodratnya yang dapat berpenagruh terhadap kesehatan, keselamatan, atau menyebabkan kematian hewan. Persyaratan ini berkaitan langsung dengan proses produksi kopi luwak yang memenuhi prinsip kesejahteraan hewan, sehingga dalam pemberian kopi sebagai pakan luwak harus memperhatikan persyaratan diatas.

Pakan luwak diberikan secara teratur sesuai dengan jadwal, yaitu pada pagi hari sekitar pukul 06.00 dan sore sekitar 17.00. kebutuhan pakan luwak per hari sebanyak 20% dari berat badan. Buah kopi bukan merupakan pakan utama bagi luwak, sehingga tidak dapat diberikan setiap hari. Pemberian buah kopi dilakukan paling banyak tiga kali dalam seminggu dan paling banyak 15% dari berat badan pada setiap kali pemberian. Suplemen diberikan seminggu sekali sesuai kebutuhan. Salah satu contoh jadwal pemberian pakan untuk hewan luwak dapat dilihat pada kutipan diatas tersebut.

Untuk info pemesanan anda bisa hubungi nomor 085784510337 (Rodiatul) Terima kasih.