Bagaimana proses Pertumbuhan gigi pada manusia?

Pertumbuhan gigi adalah proses yang ditandai dengan pemunculan gigi pada permukaan gusi dan diikuti dengan perubahan posisi gigi dari dalam tulang pendukung gigi untuk menempati posisi fungsionalnya dalam rongga mulut.

Bagaimana proses Pertumbuhan gigi pada manusia ?

Pertumbuhan gigi yang paling awal dimulai dengan terbentuknya benih gigi pada masa kehamilan minggu ke 6. Benih ini tumbuh terus dan akan muncul secara berangsur-angsur beberapa bulan setelah bayi lahir.

Secara berurutan pertumbuhan gigi terdiri dari 3 periode :

a. Periode gigi sulung

Gigi biasanya mulai tumbuh pada bayi usia 7 bulan, dimulai dengan gigi seri pertama. Pada usia ini biasanya anak sering menggigit-gigit. Hal ini disebabkan ada rasa gatal pada gusi yang mau tumbuh gigi, oleh karena itu berilah anak gigitan dari karet atau dapat pula dari wortel yang dikupas kulitnya dan dicuci bersih.

Makin bertambah umur bayi, makin banyak gigi dan akan lengkap pada anak usia 29 bulan ( 2 thn ).

Urutan pertumbuhan dari gigi sulung sesuai umur anak adalah sebagai berikut :

Urutan pertumbuhan gigi sulung
Gambar Urutan pertumbuhan gigi sulung

Jumlah gigi sulung yang lengkap seluruhnya sebanyak 20 buah, tiap rahang masing-masing 10 gigi, tiap sisi terdiri dari 5 buah gigi yaitu :

  • 2 gigi geraham
  • 1 gigi taring
  • 2 gigi seri

b. Periode gigi campuran

Gigi tetap pertama yang tumbuh adalah gigi Geraham besar pertama, dan gigi Seri pertama di rahang bawah dimulai pada usia 6 tahun. Gigi sulung ini akan goyang karena terdorong oleh gigi tetap yang akan tumbuh, untuk selanjutnya gigi sulung akan terlepas dan diganti oleh gigi tetap.

Pergantian gigi ini terjadi antara usia 6-14 tahun. Pada periode gigi campuran ini kita harus berhati-hati karena kebanyakan orang tua tidak mengetahui gigi-gigi tersebut keropos padahal gigi tersebut gigi tetap dan tidak akan diganti lagi. Pada periode ini juga terlihat gigi anak tidak beraturan, kadang-kadang gigi tetapnya sudah tumbuh tetapi gigi sulungnya belum lepas.

Apabila gigi sulung yang goyang itu tidak dapat lepas sebaiknya dibiarkan saja, karena dalam waktu beberapa hari gigi tersebut akan lepas sendiri, kecuali bila gigi pengganti sudah tampak mau tumbuh. Bila terlihat keadaan seperti ini segeralah dibawa ke balai pengobatan gigi atau dokter gigi.

image
Gambar Pertumbuhan Gigi Sulung

c. Periode gigi tetap.

Gigi tetap sudah lengkap semua kira-kira usia 14 tahun, kecuali geraham bungsu yaitu geraham ke 3 (yang paling akhir). Bila ada tempat yang cukup untuk tumbuh, maka geraham ini akan tumbuh normal. Bila tidak ada tempat ia akan tumbuh miring; atau bahkan ada yang tidak tumbuh. Gigi tetap yang lengkap jumlahnya 32 buah, yakni 8 buah gigi pada setiap sisi rahangnya yang terdiri dari:

  • 2 gigi seri
  • 1 gigi taring
  • 2 gigi geraham kecil
  • 3 gigi geraham besar.

image
Gambar Urutan Pertumbuhan Gigi Tetap

Bila gigi tetap ini rusak tidak akan ada lagi yang menggantinya. Gigi tetap harus dirawat dengan baik karena akan dipakai seumur hidup.

Tahapan Pertumbuhan Gigi manusia adalah sebagai berikut,

Masa usia bayi (0-12 bulan)

Gigi susu mulai tumbuh sekitar usia 5 bulan. Makanan yang padat dapat diterima mulut pada usia 5-6 bulan. Mengunyah dimulai usia 6-8 bulan dan pertumbuhan gigi pertama pada bayi muncul sekitar usia 6-8 bulan (Potter & Perry, 2005).

Masa usia balita (1-3 tahun)

Dua puluh gigi susu telah ada, usia 2 tahun anak mulai menggosok gigi dan belajar praktik higienis dari orang tua. Pada usia 6 tahun, gigi balita mulai tanggal dan diganti gigi permanen (Potter & Perry, 2005). Anak mulai menginginkan menggosok gigi secara mandiri pada usia 2 tahun, akan tetapi anak tetap membutuhkan pengawasan orang tua.

Tujuan membersihkan gigi pada masa ini adalah mengangkat plak yaitu deposit bakteri yang melekat pada gigi yang menyebabkan karies gigi. Salah satu metode yang paling efektif untuk mengangkat plak adalah menggosok gigi dengan sikat gigi yang kecil, berbulu pendek dan halus (Wong, 2003).

Masa usia prasekolah (3-5 tahun)

Memasuki masa usia prasekolah, pertumbuhan gigi primer telah lengkap. Perawatan gigi pada masa ini sangat penting untuk memelihara gigi primer. Kontrol motorik halus pada masa ini sudah membaik, tetapi anak masih membutuhkan bantuan dan pengawasan orang tua dalam menggosok gigi (Potter & Perry, 2005).

Masa usia sekolah (6-12 tahun)

Gigi susu diganti dengan gigi permanen ada pada usia 12 tahun kecuali geraham kedua dan ketiga. Karies dan ketidakteraturan gigi dalam jarak gigi adalah masalah kesehatan yang penting (Potter & Perry, 2005).

Gigi manusia mulai tumbuh pada bayi berumur kira-kira 6-7 bulan sampai 26 bulan. Gigi pada anak-anak disebut gigi susu atau sulung. Setelah anak berumur 6 sampai 14 tahun gigi susu tanggal satu persatu dan digantikan dengan gigi tetap.

Gigi tersusun berderet pada rahang atas dan bawah. Gigi susu berjumlah 20 buah terdiri atas gigi seri 8 buah, gigi taring 4 buah, dan gigi geraham 8 buah. Gigi tetap pada orang dewasa berjumlah 32 buah yang terdiri dari gigi seri 8 buah, gigi taring 4 buah dan gigi geraham depan 8 buah, dan gigi geraham belakang 12 buah.

Tahap pertumbuhan gigi, menurut Ircham Machfoedz dkk, 1993, adalah sebagai berikut :

  • Gigi Rahang Atas

    1. Gigi seri pertama tumbuh pada umur 7 – 8 bulan
    2. Gigi seri kedua tumbuh pada umur 8 – 9 bulan
    3. Gigi taring tumbuh pada umur 16 – 18 bulan
    4. Gigi geraham pertama tumbuh pada umur 12 – 14 bulan
    5. Gigi geraham kedua tumbuh pada umur 20 – 30 bulan
  • Gigi Rahang Bawah

    1. Gigi seri pertama tumbuh pada umur 6 – 7 bulan
    2. Gigi seri kedua tumbuh pada umur 8 – 9 bulan
    3. Gigi taring tumbuh pada umur 14 – 16 bulan
    4. Gigi geraham pertama tumbuh pada umur 12 – 14 bulan
    5. Gigi geraham kedua tumbuh pada umur 20 – 30 bulan

Pada umur 2,5-3 tahun maka lengkaplah gigi sulung yang berjumlah 20 buah. Sejak umur ini anak tersebut sudah siap mengunyah makanan dengan sempurna daripada sebelumnya. Gigi sulung tersebutakan bertahan sampai umur 6 tahun. Sesuai dengan kemampuan alat pencernaan makanan anak yang semakin meningkat umurnya maka sejak umur 6 tahun terjadilah pergantian-pergantian gigi dari gigi sulung ke gigi tetap. Pada usia 6-12 tahun adalah masa peralihan antara gigi susu ke gigi dewasa. Karena pada usia tersebut tersebut terdapat baik gigi susu maupun gigi dewasa, maka antara usia tersebut disebut masa gigi bercampur atau masa peralihan.

Berikut tahapan pergantian gigi sulung ke gigi tetap atau disebut dengan masa erupsi :

  • Gigi Rahang Atas

    1. Gigi seri pertama tumbuh umur 7 – 8 tahun
    2. Gigi seri kedua tumbuh umur 8 – 9 tahun
    3. Gigi taring tumbuh umur 11 – 12 tahun
    4. Gigi geraham kecil pertama tumbuh umur 10 – 11 tahun
    5. Gigi geraham kecil kedua tumbuh umur 10 – 12 tahun
    6. Gigi geraham besar pertama tumbuh umur 6 – 7 tahun
    7. Gigi geraham besar kedua tumbuh umur 12 – 13 tahun
    8. Gigi geraham besar ketiga tumbuh umur 17 – 21 tahun
  • Gigi Rahang Bawah

    1. Gigi seri pertama tumbuh umur 6 – 7 tahun
    2. Gigi seri kedua tumbuh umur 7 – 8 tahun
    3. Gigi taring tumbuh umur 9 – 10 tahun
    4. Gigi geraham kecil pertama tumbuh umur 10 – 12 tahun
    5. Gigi geraham kecil kedua tumbuh umur 11 – 12 tahun
    6. Gigi geraham besar pertama tumbuh umur 6 – 7 tahun
    7. Gigi geraham besar kedua tumbuh umur 11 – 13 tahun
    8. Gigi geraham besar ketiga tumbuh umur 17 – 21 tahun

Tahap pertumbuhan dan pergantiantersebut merupakan tahap pertumbuhan dan pergantian gigi normal. Namun, tidak menutup kemungkinan pertumbuhan dan pergantian gigi orang yang satu dengan yang lain berbeda. Hal tersebut disebabkan siklus pertumbuhan orang yang tidak sama antar individu.