Bagaimana Proses Pemijahan Ikan guppy agar berhasil ?

Pemijahan merupakan bagian dari reproduksi ikan yang menjadi mata rantai daur hidup kelangsungan hidup spesies.

Dalam proses pemijahan masukkan 1 ekor ikan betina dan 3 atau lebih ikan guppy jantan dalam tempat pemijahan dan tunggulah sampai beberapa hari sehingga tampak indukan betina memiliki perut yang semakin gemuk dengan tampak dari luar ikan anakan guppy, biasanya dalam proses melahirkan ikan guppy betina akan memakan anakannya hal ini yang perlu diperhatikan sebab jika proses ikan guppy melahirkan sudah selesai pisahkanlah indukan dengan anakan untuk menghindari sifat kenibalisme induk terhadap anakan guppy.

Bagaimana menurut anda ?

Dalam melakukan budidaya ikan gapi/guppy wadah yang ideal berupa akuarium dengan air setinggi 30 - 35 cm, dengan mempergunakan air sumur yamg telah disendapkan 24 jam. Jangan lupa untuk membersihkan tempat pemijahan ini.

Ke dalam bak pemijahan diberi tanaman air yang telah dibersihkan, bisa eceng gondok yang berakar rimbun atau hydrilla dalam jumlah yang cukup banyak.

Induk yang telah diseleksi dimasukkan dalam wadah pemijahan sebanyak 100 - 150 ekor induk betina, dengan induk jantan cukup 10 - 15 ekor. Jika pemijahan dilakukan dalam akuarium, maka bisa ditempatkan induk betina sebanyak 30 - 40 ekor, dengan induk jantan hanya 5 ekor saja. Pemasukan induk sebaiknya dilakukan pada pagi hari saat suhu sedang rendah.

Seminggu setalah induk dimasukkan, biasanya anak-anak ikan gapi ini telah bermunculan di sela-sela akar atau tanaman air. Dengan menyibakkan sebagian akar atau tanaman yang mengahalangi , anakan ikan gapi diserok dengan seser halus.

Induk guppy atau gapi tetap dibiarkan dalam bak pemijahan, dengan tidak lupa memberi makan jentik nyamuk. Baca juga -Cara Membuat Kutu Air dengan Kol dan Tanpa Bibit

Se-ekor ikan gapi mampu memberikan keturunan yang relatif sedikit, berkisar antara 30 - 60 ekor. Ikan ini dapat dikawinkan sepanjang tahun, dengan interval pemijahan 4 minggu.