Bagaimana proses pembentukan Lubang Hitam di Alam Semesta ?

Lubang hitam

Lubang hitam supermasif diketahui tinggal di pusat-pusat setiap galaksi, termasuk galaksi kita sendiri, Bimasakti. Bagaimana lubang hitam supermasif tersebut muncul membuat para astrofisikawan masih merasa bingung untuk waktu yang lama ?

Lubang hitam supermasif diketahui tinggal di pusat-pusat setiap galaksi, termasuk galaksi kita sendiri, Bimasakti. Bagaimana lubang hitam supermasif tersebut muncul membuat para astrofisikawan bingung untuk waktu yang lama.

Sebuah model teoritis terbaru yang dikembangkan oleh astronom John Regan dan rekan-rekannya dari Dublin City University memberikan solusi menarik untuk menjelaskan bagaimana lubang hitam ini terbentuk dengan menggunakan radiasi dari galaksi tetangga sebagai katalis untuk membentuk bibit lubang hitam supermasif.

“Memahami bagaimana lubang hitam supermasif terbentuk dapat memberitahu kita tentang bagaimana evolusi galaksi, termasuk galaksi kita sendiri, mulai dari bagaimana galaksi terbentuk. berkembang, dan akhirnya seperti apa. Ini memberitahu kita tentang alam semesta di mana kita hidup,” kata Regan.

Dalam simulasi komputer, ia dan rekan-rekannya menunjukkan bahwa lubang hitam supermasif dapat dengan cepat tumbuh di sebuah protogalaksi jika sebuah protogalaksi terdekatnya memancarkan radiasi yang cukup untuk menghentikan laju pembentukan bintangnya.

Dengan menghentikan laju pembentukan bintang oleh protogalaksi tetangga, protogalaksi induk yang menerima radiasi dapat membentuk sebuah lubang hitam yang memakan sisa gas dan debu, bintang-bintang sekarat, dan lubang hitam kecil lainnya, hingga akhirnya menjadi lubang hitam supermasif.

“Ketika ada dua protogalaksi yang berada cukup dekat satu sama lain, radiasi kuat dari salah satu protogalaksi tersebut akan diserap oleh yang lain, sehingga membuat protogalaksi yang memancarkan radiasi tadi akan berhenti membentuk bintang,” Regan dan rekan-rekannya menjelaskan.

“Galaksi yang menerima radiasi akan terus tumbuh besar. Namun, dengan cepat ia juga akan mencapai ambang kritis pembentukan lubang hitam raksasa yang tidak bisa dihindari,” tambah mereka.

Menurt Dr. John Wise, dari Georgia Tech, yang merupakan salah satu anggota tim astronom ini, protogalaksi yang dapat memancarkan radiasi ke protogalaksi tetangganya tidak bisa berjarak terlalu dekat tapi juga tidak bisa terlalu jauh, mirip seperti prinsip zona Goldilocks.

Saat ini, Regan dan rekan-rekannya berharap untuk dapat menguji teori mereka ketika Teleskop Antariksa James Webb, sang suksesor Hubble, akan mulai beroperasi di orbit Bumi mulai tahun depan.

Sumber : Bagaimana Proses Lubang Hitam Pertama di Alam Semesta Terbentuk? - Info Astronomy

Lubang Hitam, yang juga akrab disebut Black Hole, adalah sebuah fenomena pelengkungan ruang-waktu yang sangat ekstrim sehingga tidak ada yang bisa lolos dari interaksi gravitasi yang dihasilkan, bahkan kecepatan cahaya sekalipun.

Lubang hitam terjadi disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor yang paling umum adalah akibat dari efek gravitasi yang sangat kuat sehingga tekanan internal di skala atom tidak bisa menahan keruntuhan gravitasinya sendiri. Faktor lain penyebab lubang hitam adalah tabrakan dua atau lebih benda padat berenergi tinggi.

Sebuah bintang yang mendekati ajalnya, hanya mempunyai sedikit bahan bakar untuk menghasilkan energi panas yang juga berfungsi juga untuk memberikan tekanan internal melawan gravitasi. Jika fusi nuklir sudah tidak bisa terjadi, bintang sekarat tersebut tidak mampu lagi menghasilkan panas dan memberikan tekanan internal, sehingga gaya gravitasi mengambil alih dan bintang tersebut ambruk.

Nasib akhir bintang sangat bervariasi. Faktor yang mendukung variasi tersebut dipengaruhi oleh massa awal bintang tersebut. Bintang bermassa setara dengan Matahari kita akan berubah menjadi white dwarf pada saat ajalnya. Hanya bintang bermassa puluhan kali massa Matahari yang memungkinkan kematian bintang tersebut melahirkan lubang hitam.

sumber : Apakah black hole itu? Apakah black hole benar-benar ada? | Anda Bertanya Ateis Menjawab