Bagaimana Proses Diagnosis Vitiligo?

Vitiligo dapat menyerang bagian kulit manapun di tubuh, dan tidak menutup kemungkinan dapat mengenai rambut, bagian dalam mulut, dan bahkan mata.Bagaimana Proses Diagnosis Vitiligo?

image

Diagnosis penyakit ini umumnya melalui pemeriksaan fisik oleh dokter. Selain itu, dokter mungkin menanyakan beberapa hal seperti:

  • Riwayat vitiligo di dalam keluarga.
  • Riwayat penyakit autoimun di keluarga.
  • Apakah ada riwayat trauma pada area yang terkena vitiligo – contohnya: terbakar sinar matahari atau adanya penyakit kulit yang parah di area tersebut sebelumnya.
  • Apakah ada area tertentu di kulit yang lebih sensitif terhadap cahaya matahari dan lebih mudah terbakar matahari.
  • Apakah ada area tertentu di kulit yang membaik tanpa memerlukan terapi, atau malah memburuk.
  • Riwayat pengobatan yang telah Anda lakukan.

Untuk memastikan diagnosis, ada beberapa jenis pemeriksaan mendetail yang biasanya akan dianjurkan. Salah satunya adalah pemeriksaan kulit menggunakan lampu ultraviolet. Pada tes ini, Anda akan diminta untuk masuk ke sebuah ruangan gelap, dan sebuah lampu akan diletakkan pada jarak kurang lebih 10 cm dari kulit Anda. Bercak-bercak vitiligo akan lebih mudah terlihat di bawah paparan sinar ultraviole, sekaligus berguna untuk menyingkirkan kemungkinan penyakit kulit lain, misalnya panu.

Tes darah mungkin dianjurkan guna memeriksa kemungkinan adanya kondisi autoimun lain, misalnya diabetes, penyakit Addison, atau hipertiroidisme.

Sumber : www.alodokter.com