Bagaimana proses dalam membuat empathy map untuk memahami kebutuhan pengguna ?

Pengguna (user ataupun konsumen) cenderung membeli produk yang memenuhi kebutuhan mereka. Emphaty Map alias Peta Empati adalah salah satu alat bantu (tools) yang dapat digunakan untuk memahami kebutuhan dari calon pengguna kita. Bagaimana proses menggunakanya agar menemukan kebutuhan pengguna ?

Dalam menggunakan Empathy Map diperlukan untuk melakukan beberapa riset, observasi dan interview untuk mendapatkan data dan insight awal pengguna. Empathy Map membuat kita mampu menyatukan seluruh data dan insight awal yang didapatkan. Hasil dari pemetaan empati ini akan menjadi sumber data yang berharga pada saat membuat user persona.

Empathy Map terdiri dari lima area yang mewakili elemen komunikasi calon user :

  1. Apa yang mereka pikirkan.
  2. Apa yang mereka rasakan.
  3. Apa yang mereka dengar.
  4. Apa yang mereka ucapkan.
  5. Apa yang mereka lakukan.

Dari observasi dan interview makan kita akan mendapatkan data berupa “apa yang calon pengguna ucapkan dan lakukan”. Namun, menentukan apa yang pengguna pikirkan dan rasakan memerlukan analisis yang mendalam.

Beberapa langkah proses menggunakan Empathy Map untuk menemukan kebutuhan calon user adalah :

  1. Tentukan profil calon pengguna.
    Mengumpulkan tim researcher. Bertugas untuk membawa dan mengumpulkan semua catatan, gambar, rekaman dan segala data yang didapatkan selama proses riset/obervasi/interview. Tentukan profil yang mewakili calon pengguna. Beri nama dan profesi/jabatannya.

  2. Mengisi Empathy Map.
    Cetak atau buat template blanko Peta Empati dalam ukuran besar (misalnya A1 atau A0 ). Berikan setiap anggota tim Post It dan spidol. Pastikan setiap orang menuliskan pemikiran mereka di Post It tersebut. Misalnya dengan mengajukan contoh pertanyaan sebagai berikut:

    • Apa yang mereka katakan? Tuliskan kata kunci dan kutipan yang pengguna katakan.
    • Apa yang mereka pikirkan? Gali lebih dalam. Apa yang mungkin mereka pikirkan? Apa ketakutan mereka? Apa harapan mereka? Apa motivasi mereka? Apa tujuan mereka? Apa keinginan mereka?
    • Apa yang mereka rasakan? Amati tanda-tanda terkait emosi seperti ekspresi muka, bahasa tubuh, nada suara, dan pilihan kata mereka.

    peta empati

  3. Simpulkan kebutuhan mereka.
    Simpulkan kebutuhan mereka berdasarkan Peta Empati yang dibuat. Kebutuhan biasanya berbentuk kata kerja, berupa aktivitas atau keinginan. Kebutuhan biasanya berupa kesenjangan antara apa yang pengguna katakan dengan pengguna lakukan.

Buatlah setiap anggota tim menyumbangkan idenya dan tempelkan Post It di blanko Peta Empati. Ajukan pertanyaan-pertanyaan lanjutan untuk mendapatkan insight yang lebih dalam.