© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Bagaimana proses adsorpsi kalsium dalam tubuh?

Kalsium

Tubuh bisa mendapatkan kalsium dari makanan dan suplemen kalsium. Namun, tidak semua kalsium yang masuk ke tubuh akan diserap oleh tubuh. Lalu bagaimana proses adsorpsi / penyerapan kalsium dalam tubuh ?

Absorpsi Kalsium

Kalsium diabsorpsi melalui mukosa usus dengan dua cara: transpor aktif dan difusi pasif. Transpor aktif dipengaruhi oleh status kalsium dan vitamin D individu, umur, kehamilan dan laktasi. Transpor aktif terjadi saat asupan kalsium rendah. Transpor aktif diatur melalui 1,25-dihidroksi vitamin D dan reseptor usus (Gibson, 2005). Difusi pasif dilakukan saat asupan kalsium tinggi. Absorpsi kalsium merupakan proses kompleks yang dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti jumlah kalsium dalam diet, kebutuhan akan kalsium, usia, jenis kelamin, penggunaan obat-obat tertentu, dan keberadaan zat gizi lainnya seperti laktosa, protein, dan vitamin D (Guthrie & Picciano, 1995).

Perempuan pada umumnya mengabsorpsi kalsium lebih sedikit daripada laki-laki dan absorpsi pada kedua jenis kelamin menurun seiring dengan bertambahnya usia (Guthrie & Picciano, 1995). Absorpsi kalsium paling banyak

terjadi saat asupan kalsium rendah dan kebutuhan akan kalsium tinggi, seperti yang terjadi pada masa pertumbuhan cepat, bayi, anak-anak, masa remaja, masa kehamilan, dan laktasi (Gibson, 2005).

1 Like