Bagaimana prosedur untuk membangun rumah hemat energi?


(Anindya celena khansa kirana) #1

Pada hakikatnya, Kita sebagai manusia membutuhkan energi bagi kehidupan. Contoh pemanfaatan energi yang digunakan sehari-hari adalah penggunaan energi di dalam rumah tangga . Karena pemakaian energi yang berlebihan, Timbul beberapa dampak negatif dari pemanfaatan suatu energi itu sendiri.

Untuk meminimalisir risiko tersebut, Prosedsur apa saja yang diperlukan untuk membangun energi efisien bagi rumah?


(Aditya Luthfi Alvari Ramadhan) #2

Saat membangun sebuah rumah, kita pasti ingin rumah tersebut nyaman, terletak di lokasi yang strategis, dan lingkungannya tenang. Tetapi apakah rumah tersebut sudah ramah lingkungan dan efisien dalam penggunaan energi? Rumah yang efisien dalam penggunaan energi tak hanya ramah lingkungan, tetapi juga dapat menghemat biaya. Berikut adalah cara-cara untuk membangun rumah yang energy efficient:

1. Survei lokasi rumah dan buat denah.
Pastikan rumah yang akan dibangun menerima cukup sinar matahari. Sesuaikan orientasi rumah dengan berbagai arah sinar matahari dalam berbagai musim. Bentuk rumah dan penataan ruangan juga penting dalam efisiensi energi. Menyesuaikan rumah dengan kondisi lingkungan sekitar dapat mengurangi biaya untuk regulasi suhu.

2. Hitung perkiraan penggunaan listrik.
Hal pertama yang dilakukan adalah mendata seluruh penggunaan energi oleh perabotan dan alat-alat elektronik. Pendataan ini bertujuan untuk menentukan cara-cara yang tepat untuk memilih pasokan listrik dan mengurangi biaya bulanan.

3. Gunakan energi yang disediakan alam.
Solar panel merupakan salah satu alat yang paling sering digunakan dalam rumah yang energy efficient. Solar panel dapat mengubah sinar matahari menjadi energi listrik yang kemudian dapat disimpan dalam baterai. Biasanya solar panel dipasang di atap rumah yang terkena sinar matahari sepanjang tahun. Alternatif lain seperti pembangkit listrik tenaga angin dan air bergantung pada lokasi. Jika lokasi rumah yang akan dibangun cukup berangin sepanjang tahun, kita dapat memasang kincir angin yang dilengkapi generator. Jika lokasi rumah berdekatan dengan sungai atau air terjun, kita dapat memasang turbin air. Biasanya, penggunaan ketiga alat ini didampingi oleh unit baterai. Unit baterai dapat menyimpan energi dan mengurangi ketergantungan pada perusahaan penyedia listrik. Selain itu, energi yang disimpan juga dapat digunakan saat listrik padam.

4. Pasang insulasi yang tepat.
Insulasi yang tepat dapat menghemat energi dan biaya yang digunakan untuk mengatur suhu. Pastikan rumah yang dibangun akan hangat saat musim dingin dan sejuk saat musim panas. Insulasi tak hanya menggunakan bahan yang ditambahkan ke dalam dinding, tetapi mulai dari dinding itu sendiri, atap, jendela, hingga pintu sangat berpengaruh dalam regulasi suhu. Sirkulasi udara dalam rumah juga berperan penting dalam regulasi suhu. Gunakan tipe ventilasi yang tepat serta gunakan kipas dua arah yang dapat memutarkan udara dari dalam ke luar rumah dan sebaliknya.

Cara-cara di atas tidak hanya diperuntukkan bagi yang ingin membangun rumah baru, tetapi rumah yang sudah dibangun juga dapat dirombak menjadi rumah yang lebih energy efficient. Kelebihan dari rumah yang energy efficient adalah ramah lingkungan, hemat biaya, dan lebih nyaman untuk dijadikan tempat tinggal.

Sumber:
https://www.forbes.com/sites/houzz/2017/06/02/how-to-build-an-energy-efficient-home/#7686b171656b


(Muhammad Nafis) #3

The Home Energy Score adalah sistem penilaian nasional yang dikembangkan oleh Departemen Energi A.S. Skor tersebut mencerminkan efisiensi energi sebuah rumah berdasarkan struktur rumah dan sistem pemanas, pendinginan, dan air panas. Fakta Rumah memberikan rincian tentang struktur dan sistem saat ini. Rekomendasi menunjukkan bagaimana meningkatkan efisiensi energi rumah untuk meraih nilai lebih tinggi dan menghemat uang. Sebelum Anda merancang rumah baru atau merombak yang sudah ada, pertimbangkan investasi dalam efisiensi energi. Anda akan menghemat energi dan uang, dan rumah Anda akan lebih nyaman dan tahan lama. Proses perencanaan juga merupakan saat yang tepat untuk melihat ke dalam sistem energi terbarukan yang dapat menyediakan listrik, pemanas air, atau pemanasan ruang dan pendinginan. Anda mungkin juga ingin mengeksplorasi pilihan Anda untuk membiayai rumah hemat energy.Berikut adalah cara - cara membuat rumah untuk berenergi dan bersistem lebih efisien:

1.Pastikan dinding dan loteng Anda terisolasi dengan baik.

Isolasi yang efektif memperlambat laju panas yang keluar dari rumah di musim dingin atau masuk ke rumah di musim panas, sehingga lebih sedikit energi dibutuhkan untuk memanaskan atau mendinginkan rumah. Jika rumah Anda tidak memiliki insulasi dinding, dan memiliki rongga dinding yang tidak terlalu banyak, insulasi yang cukup besar bisa sangat meningkatkan kenyamanan Anda dan menghemat energi yang cukup untuk menjadi sangat hemat biaya. Jika loteng Anda belum selesai, Anda perlu mengupgrade insulasinya.Keahlian kontraktor Anda lebih penting daripada bahan isolasi yang Anda pilih. Bahan fiberglass, selulosa, dan bahan insulasi busa yang benar dipasang semuanya dapat mengurangi konduksi panas dari sistem dinding yang telah selesai. Kuncinya adalah “dipasang dengan benar.” Idealnya, kontraktor akan menggunakan kamera inframerah selama atau setelah pemasangan untuk mencari void.

2.Upgrade atau ganti jendela.

Jika jendela Anda sudah tua dan bocor, mungkin sudah waktunya untuk menggantinya dengan model hemat energi atau untuk meningkatkan efisiensi. Hampir tidak ada biaya murah untuk mengganti jendela hanya untuk menghemat energi. Menurut EnergyStar.gov, mengganti jendela bisa menghasilkan penghematan biaya, namun penghematan yang lebih besar akan dikaitkan dengan penggantian jendela berlapis tunggal. Namun, jika Anda mengganti jendela dengan alasan lain, di banyak area, biaya tambahan jendela pengganti mungkin $ 15 per jendela. Upgrade ini akan hemat biaya - dan meningkatkan kenyamanan Anda untuk Beristirahat.

3.Tanam pohon rindang dan semak di sekitar rumah Anda.

Jika rumah Anda lebih tua, dengan isolasi dan jendela yang relatif buruk, pemandangan yang baik (terutama pohon daun) dapat menghemat energi, terutama jika ditanam di sisi barat rumah. Di musim panas, selebaran tersebut membelah radiasi infra merah yang akan menghangatkan rumah, sementara di musim dingin cabang-cabang yang telanjang membiarkan radiasi ini masuk. Tentu saja, jika rumah Anda memiliki isolasi yang sangat bagus dan jendela yang lebih baik, pengaruhnya jauh lebih kecil karena bangunannya sendiri sudah memblokir hampir semua keuntungan panas.

4.Gantilah kulkas lama Anda.

Hindari godaan untuk menggunakan kulkas tua sebagai cadangan untuk persediaan pesta dan penyegaran cair. Ruang penyimpanan ekstra akan dikenakan biaya: bayangkan uang ekstra $ 50-150 per tahun untuk menjaga lemari es yang lebih tua itu berjalan. Sebaliknya, kulkas baru, terutama jika Energy Star-rated, hanya menghabiskan biaya $ 30-60 per tahun karena efisiensi kulkas telah meningkat pesat dalam tiga dekade terakhir. Dalam keadaan seperti ini, pikirkan berapa banyak pendinginan yang benar-benar Anda butuhkan. Aturan terbaiknya adalah hanya memiliki satu kulkas, dan sesuai ukuran untuk memenuhi kebutuhan nyata Anda. Itu memungkinkan kemewahan pembuat es dan kenyamanan serupa dengan hati nurani yang jernih.

5.Jadwalkan pengecekan energy dan efisiensi sistem untuk mendapat saran oleh ahli di rumah Anda secara keseluruhan.

Auditor dan penilai energy akan menggunakan alat dan keterampilan khusus untuk mengevaluasi rumah Anda dan merekomendasikan langkah-langkah yang paling hemat biaya untuk meningkatkan kenyamanan dan efisiensi, serta urutan terbaik untuk melakukannya guna memanfaatkan interaksi. Penilai juga dapat memberikan verifikasi independen terhadap kualitas kerja kontraktor. Carilah penilai yang terakreditasi. Di beberapa daerah, ada juga program Home Performance with Energy Star. Sebagian besar program ini mencakup penilaian rumah murah dan praktik penjaminan mutu yang kuat dan / atau inspeksi.

Sumber:


http://www.greenhomeguide.com/know-how/article/9-ways-to-make-your-home-more-energy-efficient