Bagaimana prosedur perawatan saluran akar gigi?

akar gigi

Perawatan saluran akar gigi atau endodontik merupakan perawatan untuk memperbaiki gigi yang rusak parah atau terkena infeksi. Bagaimana prosedur perawatannya?

Perawatan ini dapat mengatasi masalah gigi tanpa perlu dicabut, sehingga kembali mampu mengunyah dengan nyaman dan menggigit dengan kuat. Selain itu juga melindungi gigi dan menjaga penampilan gigi tetap alami.

Jangan khawatir perawatan saluran akar gigi tidak akan menyebabkan rasa sakit. Justru perawatan tersebut akan meredakan rasa sakit akibat infeksi atau peradangan. Umumnya perawatan saluran akar gigi menggunakan bius lokal untuk memastikan Anda tetap nyaman. Hanya saja gigi kemungkinan akan terasa lebih sensitif beberapa hari setelah perawatan. Untuk meredakan rasa tidak nyaman, dokter mungkin akan memberikan obat pereda nyeri untuk dikonsumsi selama masa pemulihan.

Langkah-langkah Prosedur Perawatan
Untuk memastikan gigi memerlukan perawatan saluran akar, maka dokter gigi akan melakukan pemeriksaan foto Rontgen gigi. Dokter gigi kemudian akan melakukan pemeriksaan lanjutan untuk mengetahui kondisi pulpa dan seberapa besar infeksi atau peradangan yang terjadi, guna menentukan perawatan yang diperlukan.

Sebelum memulai perawatan saluran akar gigi, dokter akan memberikan bius lokal untuk memastikan kenyamanan pasien saat tindakan dilakukan. Selanjutnya, dokter akan menempatkan pelindung karet (rubber/dental dam) di atas gigi agar tetap bersih dan terisolasi dari air liur dan kontaminasi lain.

Setelah itu, dokter gigi mulai membuat bukaan di bagian atas gigi, sehingga dapat menjangkau ruang pulpa. Kemudian, dokter gigi akan membersihkan saluran akar gigi dan jaringan sekitar yang terinfeksi menggunakan alat yang sangat kecil dan larutan khusus seperti natrium hipoklorit. Pada saat yang bersamaan, dokter gigi juga membentuk ruang untuk bahan tambalan.

Setelah dibersihkan, dokter gigi akan memberikan tambalan sementara. Kemudian dokter gigi akan menyarankan untuk kontrol kembali (biasanya dalam waktu 1 minggu). Jika dokter gigi melihat masih ada perkembangan infeksi, maka dapat diberikan pengobatan untuk mengatasi infeksi tersebut. Namun, bila dinilai saluran akar sudah dalam kondisi yang baik, maka langkah terakhir dari prosedur perawatan saluran akar gigi adalah penambalan atau tindakan restorasi seperti penggunaan crown gigi.

Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari perawatan saluran akar gigi. Konsultasi dengan dokter untuk memastikan diperlukan perawatan saluran akar gigi, serta lakukan pemeriksaan lanjutan sebagaimana yang disarankan oleh dokter.