Bagaimana prosedur barium anema?

Merupakan prosedur penuangan barium sulfat. Bagaimana prosedur dalam menjalankan barium anema?

Apa yang harus saya lakukan sebelum barium enema?

Sebelum menjalani tes barium enema, Anda akan diinstruksikan untuk mengosongkan usus besar Anda. Residu yang tertinggal dalam usus akan mengaburkan hasil pemindaian atau dianggap sebagai abnormalitas.

Untuk mengosongkan usus besar Anda, petugas medis akan memina Anda untuk:

mengikuti pola makan khusus pada hari sebelum prosedur dilakukan. Anda akan diminta untuk berpuasa makan dan minum hanya cairan beningseperti air mineral, teh, kopi tanpa susu dan krimmer, kuah kaldu, dan minuman soda polos
berpuasa setelah tengah malam. Biasanya Anda akan diminta untuk tidak mengonsumsi makanan atau minuman apapun mulai dari tengah malam sebelum hari prosedur
mengonsumsi obat pencahar pada malam sebelum hari prosedur. Obat pencahar, cair atau tablet, akan membantu mengosongkan isi perut Anda
menggunakan instrumen enema. Pada beberapa kasus, Anda mungkin perlu untuk menggunakan instrumen enema yang dijual bebasbaik malam hari sebelum hari-H atau beberapa jam sebelum proseduryang menyediakan larutan pembersih untuk menyapu sisa residu dalam usus besar
Tanyakan pada dokter Anda mengenai obat-obatan Anda setidaknya seminggu sebelum Anda menjalankan tes barium. Diskusikan pula dengan dokter Anda mengenai obat-obatan yang rutin Anda konsumsi. Ia mungkin akan meminta Anda menghentikan pengobatan beberapa hari atau jam sebelum tes.

Bagaimana proses barium enema?

Prosedur barium enema berlangsung sekitar 30 menit.

Teknisi radiologis akan memasukkan selang ke dalam anus Anda dan mengalirkan cairan barium sulfat ke dalam usus besar.

Kemudian, ia akan memulai rontgen dan meminta Anda untuk mengubah posisi setiap kali pemindaian gambar. Saat pemindaian dirasa cukup, teknisi Anda akan mengeluarkan selangnya.

Apa yang harus saya lakukan setelah barium enema?

Anda akan diawasi untuk sementara sampai tim dokter menilai Anda sudah dapat pulang ke rumah dan kembali ke rutinitas normal secepatnya.

Hasil rontgen akan diterima oleh dokter Anda bebrrapa hari setelah prosedur dan Anda akan dijadwalkan untuk mendiskusikan hasil tersebut.

Olahraga rutin akan meningkatkan kualitas hidup Anda. Sebelum memulai, mintalah saran dari tim dokter Anda seputar olahraga yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Sumber : Barium enema