Bagaimana prilaku mahasiswa era reformasi di Indonesia?

Bagaimana prilaku mahasiswa era reformasi di indonesia sebagai negara demokrasi? Mohon dijelaskan scara rasional

Pada masa pemerintahan habiebie dan megawati yang di sebut dengan era reformasi peranan mahasiswa cenderung tidak terlihat oleh masyarakat. Walaupun pada masa itu demokrasi tidak di jalankan sebagaimana mestinya pemilihan umum (pemilu) belum di laksanakan sebagai mana mestinya seperti janji soekarno. Saya berkesimpulan pada masa itu mahasiswa cenderung tidak peka akan politik indonesia dan memilih menuntaskan kuliah di suatu tempat yang tersekat akan jurusan - jurusan di tempat tersebut tidak berkumpul guna berdialek politik yang terjadi di negara pada saat itu. Tidak menuntup kemungkinan juga mahasiswa hanya membuat suatu konsep tetati tidak ada pergerakan.

Perilaku mahasiswa di masa pemerintahan SBY masih ada gerakan yaitu unjuk rasa yang dilaksanakan pada 10 november 2004 mahasiswa menuntut agar turunya bbm karena pada masa pemerintahan SBY terjadi krisis di Indonesia. Saya menganggap prilaku mahasiswa sedikit berkembang karena adanya partisipasi mahasiswa tentang ekonomi masyarakat alami. Disini peran mahasiswa sebagai agen of change terlaksana sebagai mestinya.

Perilaku mahasiswa pada era kepemimpinan Joko Widodo

Pada saat ini prilaku mahasiswa yang saya lihat mahasiswa yang bergantung atau hanya berorientasi pada alat modern tidak ada gerakan mahasiswa, alat yang digunakan gatget. Organisasi semata - mata hanya untuk kesenangan kebahagiaan mahasiswa semata. Dimata masyarat banyak yang berpendapat sekolah tinggi - tinggi tapi tidak beradap, mahasiswa di anggap tidak beradap karena kebut kebutan di desa, tidak sopan dalam artian tidak memperhatikan masyarakat sekeliling.

Pada waktu demo buruh di kota surabaya tepatnya di taman bugul masyarakat berteriak ‘awas’ ada demo mahasiswa, kata ‘awas’ bagi masyarakat adalah kata-kata ketakutan di matanya. Sebenarnya apa yang terjadi pada mahasiswa sehinnga rakyat bisa takut, konon mahasiswa berada di posisi tengah - tengah antara masyarakat dan pemerintah. Kenapa rakyat bisa takut karena masyarakat mungkin juga melihat dari faktor kebiasaan dari mahasiswa sehingga masyarakat bisa takut. Mahasiswa juga tidak sering bersosialisasi , bersosialisasi hanya apabila ada tugas dari dosen dan sangatlah berbeda dari peranan mahasiswa pada orde lama dan orde baru. Mahasiswa di era ini menurut saya benar menyam pendidikan, ilmu, pengetahuan, akan tetapi mahasiswa apakah norma bermasyarakat sudah dipegang oleh mahasiswa.

Pada jaman orde lama dan baru prilaku mahasiswa terbilang aktif bersosialisasi di masyarakat pada era reformasi sikap mahasiswa dalam bersosialisasi dan memeluk masyarakat masi kurang terjalin karena mahasiswa sibuk akan gatget dan keperluan pribadi mahasiswa. Masyarakat membutuhkan/ menginginkan mahasiswa yang aktif dilingkungannya dengan memiliki etika sebagai mahasiswa. Rakyat tidak membutuhkan sebuah gelar sebagai pengakuan , mahasiswa butuh pengaruh baik dari mahasiswa untuk era reformasi maka terikatlah sebuah jalinan yang baik dari mahasiswa dan masyarakat. Mahasiwa yang baik dan beraklak adalah yang di akui oleh masyarakat bukan mahasiswa yang bergelar tapi tidak punya sopan santun.