Bagaimana pola lukisan gua zaman prasejarah yang ditemukan Sulawesi Selatan ?

Sekurang-kurangnya ada dua tempat di wilayah Sulawesi Selatan yang memiliki lukisan gua, yaitu di wilayah Kabupaten Maros yang juga sering disebut sebagai Kompleks Maros dan di wilayah Kabupaten Pangkajene yang dikenal sebagai Kompleks Pangkajene. Bagaimana pola lukisan gua zaman prasejarah yang ditemukan Sulawesi Selatan ?

Pola dan Bentuk lukisan

image
Lukisan Anoa di dinding Gua Sumpangbita

Warna merah sepertinya adalah warna dominan yang digunakan, akan tetapi ada beberapa gua yang menggunakan warna hitam untuk menggambarkan pola manusia, yaitu gua Kassi, Lompoa, dan Sapiria.

Di gua Sumpang Bita bahkan diketemukan lukisan cap kaki, hewan anoa, dan perahu (sampan).

Belum dapat diketahui secara pasti makna dalam lukisan cap kaki di dinding gua Sumpang Bita.

Ada yang berpendapat bahwa lukisan itu dapat dihubungkan dengan ritual atau upacara bagi bayi yang mampu berjalan pertama kali. Terdapat persamaan antara pola cap kaki dengan cap tanga, keduanya digambarkan dalam bentuk negatif (negative footprint).

Gambar objek manusia selain terdapat di gua Kassi, Lompoa, dan Sapiria, juga diketemukan di wilayah sekitar Pulau Muna (Sulawesi Selatan) dan di Pangkajene (Sulawesi Selatan).

Selain pola manusia, di gua Lampoa juga diketemukan pola lain seperti, lukisan cap tangan, hewan menyerupai babi, ikan, pola matahari, parahu, dan bentuk-bentuk geometris. Sedangkan yang menarik dari lukisan di Gua Kassi adalah gambar ular, bentuk kapak, dan pola yang mirip dengan mata bajak.

image
Lukisan ikan pada dinding Gua Lasitae, Pangkep

Pola yang menggambarkan ikan juga diketemukan di gua Lasitae, gua Bulu Ballang, Akarassaka, gua Bulu Sippong, dan sua Bulu Ribba.

Di Bulu Ballang bahkan terdapat pola yang menyerupai kura-kura, sedangkan di gua Bulu Ribba pola ikannya menyerupai seekor lumba-lumba.

Umumnya gua-gua tersebut terdapat lukisan pola cap tangan dan babi. Satu-satunya pola babi yang memiliki pola unik dan sering dikaitkan dengan makna religi-magis adalah lukisan babi yang terdapat di gua Sakapao.