Bagaimana perusahan besar seperti Facebook dimulai dengan MVP ?

Ketika melihat beberapa perusahaan teknologi seperti Facebook, sulit untuk membayangkan bagaimana semuanya dimulai. Minimum Viable Products (MVPs) sering menjadi awal bagi banyak calon pemula dan pengusaha atau startup, dan merupakan pilar kesuksesan pertama bagi banyak perusahaan teknoogi atau yang berbasis Internet di dunia. Dan bagaimanakah Facebook memulainya dengan MVP ?

How it Started
Sebelum munculnya nama Facebook ialah Facemash, sebuah situs web yang dibuat oleh Mark Zuckerberg dan tiga teman sekelasnya (Andrew McCollum, Chris Hughes, dan Dustin Moskovitz) ketika mereka menjadi mahasiswa di Harvard University. Konsep situs web itu sederhana, pengguna akan ditunjukkan dua gambar siswa berdampingan dan harus memilih siswa mana yang keren dan mana yang tidak.

Sayangnya, ide itu tidak pernah berhasil untuk Zuckerberg dan teman-temannya, karena mereka meretas server Harvard dan mencuri foto mahasiswa dari facebook universitas (buku yang memajang foto setiap siswa baru di Harvard) sehingga mereka dapat menggunakannya di situs web Facemash-nya. Tidak mengherankan, situs web ditutup oleh para eksekutif Harvard beberapa hari setelah rilis dan Zuckerberg menghadapi serangkaian dakwaan (melanggar hak cipta, pelanggaran keamanan, dan melanggar privasi individu, dll.). Situs web kemudian dijual seharga $ 30.201, harga yang sangat kecil bila dibandingkan dengan keadaan facebook yang sekarang.

The MVP
Januari 2004 adalah awal dari apa yang sekarang kita kenal sebagai Facebook, meskipun saat itu disebut Thefacebook dan tidak memiliki sejumlah layanan yang disertakan seperti saat ini.


Mark Zuckerberg awalnya menciptakan aplikasi ini sebagai direktori universal (atau facebook, seperti yang dikenal di Harvard) untuk mahasiswa di Harvard University. Pada awalnya, keanggotaan situs ini dibatasi untuk siswa Harvard. Peningkatan popularitasnya berarti ekspansi ke universitas lain, jadi hanya beberapa bulan setelah dirilis, Thefacebook diluncurkan ke tiga universitas top Amerika lainnya - Stanford, Columbia, dan Yale.

Expansi ke sekolah-sekolah terus berlanjut sepanjang tahun 2005, tetapi termasuk universitas di Inggris, Meksiko, Puerto Rico, Australia, dan Selandia Baru, serta lebih dari 25.000 sekolah menengah yang terletak di berbagai negara. Tahun itu juga Thefacebook menjadi Facebook, setelah perusahaan membeli domain facebook.com seharga $ 200.000.
Pada 26 September 2006, Facebook membuka layanannya kepada semua orang dengan email yang valid dengan syarat berusia 13 tahun keatas. Ini adalah awal resmi dari Facebook yang kita kenal dan gunakan saat ini.

Investments
Seperti yang Anda bayangkan, Facebook telah menerima sejumlah investasi yang menggiurkan, yang paling penting contohnya:
First Angel investment (Seri A): 500.000 pada musim panas 2004. Seri B: 12,7 juta pada bulan April 2005.
Seri C: 27,5 juta pada bulan April 2006. Seri D: 240 juta pada Oktober 2007.

Pada tanggal 1 Februari 2012, Facebook melanjutkan untuk mengajukan initial public offering (IPO), yang bertujuan untuk mengumpulkan 5 miliar dengan harga awal 38,00 per saham. IPO akhirnya menghasilkan $ 16 miliar.

Keys to the MVP’s Success
Pada awalnya Facebook menampilkan banyak elemen kunci MVP yang suksesful, bersama dengan ide unik dan sejumlah gerakan bisnis cerdas, telah menghasilkan Facebook menjadi sukses seperti saat ini. Berikut beberapa elemen utama MVP:

  1. Zuckerberg membangun model dasar dari produknya yang hanya berisi fungsionalitas yang diperlukan untuk memenuhi tujuannya. Banyak fitur Facebook saat ini tidak termasuk dalam rilis pertamanya.
  2. Aplikasi ini dirilis ke sekelompok kecil pengguna awal untuk menguji aplikasi dan mendapatkan tanggapan dari mereka.

Referensi