Bagaimana pertunjukan Tari Mahambak ditampilkan?

Tari Mahambak adalah tari tradisional yang berasal dari Sulawesi Utara. Lalu, bagaimana Tari Mahambak tersebut akan ditampilkan?

Tarian mahambak biasanya ditampilkan secara berpasangan oleh para penari pria dan penari wanita yang menggunakan pakaian adat dan sapu tangan sebagai atribut. Jumlah penari biasanya terdiri dari 10 pasang penari atau lebih dan dipimpin oleh seorang penari wanita yang biasa disebut dengan kapel.

Tarian diawali dengan penari menari memasuki arena dengan berbaris secara berpasangan dan dipimpin oleh kapel. Kemudian setelah memasuki arena mereka menari secara berpasangan dan membentuk beberapa barisan sambil menyanyikan lagu adat. Kadang mereka juga membuat formasi melingkar sambil berpegangan tangan mengelilingi pemimpin tari. Setelah tarian selesai kemudian diakhiri dengan keluar arena dengan barisan dan gerakan yang sama saat memasuki arena.

Tari Mahambak ini terbagi menjadi dua jenis yaitu Tari Mahambak Tradisional dan Tari Mahambak Imbasan. Tari Mahambak Tradisional biasanya gerakan utamanya lebih didominasi menghentakan kaki dan menari tanpa diiringi tambur. Sedangkan Tari Mahambak Imbasan, gerakan dan formasinya lebih bervariasi. Selain itu nyanyiannya juga lebih banyak dan diiringi dengan tambur.