Bagaimana Pertunjukan Tari Foti Lalendo?

Indonesia memiliki berbagai macam tari tradisional, disetiap tari tradisional pasti memiliki cara untuk pertunjukan masing-masing, begitu pun dengan Tari Foti Lalendo

Tari Foti Lalendo ini biasanya dimainkan oleh 4-6 penari wanita dan satu orang penari pria. Dalam pertunjukannya, diawali dengan penari wanita yang menari dengan gerakan yang lincah dan khas sambil memainkan kain selimut yang digunakan untuk menari. Sampai di tengah pertunjukan penari pria muncul ke dalam arena sambil menari dengan gerakannya yang khas diiringi para penari wanita.

Dalam Tari Foti Lalendo ini gerakan penari wanita dan pria berbeda. Gerakan penari wanita lebih didominasi dengan gerakan kaki yang menghentak dan gerakan tangan memainkan kain selimut yang digunakan untuk menari. Dengan mengikuti irama musik pengiring penari wanita menari dengan gerakan yang lincah namun terlihat anggun.

Sedangkan gerakan penari pria sering disebut dengan gerakan foti. Dalam gerakan foti ini didominasi dengan gerakan kaki yang sangat cepat menyesuaikan dengan irama musik pengiring serta gerakan satu tangan memegang topi, dan tangan satunya mengibas-ngibaskan kain selampang yang dikenakannya. Gerakan foti ini sangat unik, karena hampir seruh badan penari terlihat seperti bergetar seperti layaknya orang kesurupan. Namun itulah ciri khas gerak Tari Foti, yang hanya bisa dilakukan orang-orang terlatih.